Apa covid 19 kalah?



  • Saya mau tanya dok.
    Yg saya tau Masa inkubasi virus ini di tubuh manusia adalah selama 14 hari terhitung sejak pertama kali terpapar.
    Apakah jika seseorang yg telah positif terpapar dan dalam 14 hari bahkan lebih orang tersebut memiliki imun yg stabil/bagus dan tidak menimbulkan gejala2 sakit sprt yg sudah dijelaskan,
    1.lalu apa status virus yg sudah masuk ditubuh tersebut? Kalah kah?
    2.Atau msh ttp ada dng skala yg tidak bisa berkembang?
    Jika point ke 2 mmng msh ada di dlm tubuh bisakah virus tersebut menular kpd yg lain?

    Dan yg sempat saya dengar,anak2 lebih kebal terhadap virus ini,benar atau tidak?
    Dan jika benar seorang anak yg terpapar virus ini lbh kebal tnp menunjukan gejala2 apa resiko penularan ke orang lain msh ada?


  • Relawan

    Dear munietoc
    Jika seseorang memiliki imun yang kuat terpapar virus Corona maka virus didalam tubuhnya akan Dorman (belum aktif) dan orang tersebut akan menjadi carrier atau pembawa virus yang dapat menularkannya kepada orang lain. Carrier corona belum menunjukkan gejala gelaja yang mengindikasikan bahwa orang tersebut terpapar virus Corona sehingga akan menganggap bahwa dia masih sehat padahal dia dapat menularkan virus Corona kepada orang lain. Pada dasarnya untuk menghindari virus seperti ini dibutuhkan daya tahan tubuh yang kuat, Anak anak bisa lebih kebal terhadap virus ini karena anak anak cenderung memiliki kekebalan tubuh yang lebih tinggi daripada orang tua.
    Terimakasih #stayathome


  • Relawan

    Dear Muietoc.
    Jika seseorang diduga terinfeksi COVID-19, maka akan mengalami gejala klinis seperti batuk, bersin, demam, dan kesulitan bernapas yang muncul setelah 2 hari, atau selama 14 hari setelah terpapar virus.

    Laman Centers for Diseases Control and Prevention menuliskan, gejala-gejala ini dapat muncul 2-14 hari setelah paparan. Namun, pada beberapa kasus, orang yang terinfeksi COVID-19 bahkan tidak menunjukkan gejala sama sekali.

    Dilansir dari laman World Economic Forum, sebanyak 6 dari 10 orang yang terinfeksi coronavirus mungkin tidak menyadari bahwa mereka memiliki penyakit ini, menurut sejumlah makalah yang mempelajari wabah tersebut.

    Orang tanpa gejala tersebut tetap dapat menjadi carrier yang membawa virus itu dan berpotensi menyebarkan ke orang lain walau virus dalam masa inkubasi.

    Anak muda dengan imun bagus tak menunjukkan gejala namun bisa menularkan
    Juru bicara penanganan COVID-19 Achmad Yurianto menyatakan bahwa, tak hanya kelompok usia lanjut maupun mereka yang memiliki penyakit penyerta saja yang berpotensi terjangkit, kelompok usia muda dengan imunitas yang bagus pun juga rawan tertular, bahkan gejalanya sangat minim, sebagaimana dilansir dari laman Kemenkes RI.

    Tanpa gejala inilah yang menjadi salah satu faktor penyebaran yang semakin cepat. Pasalnya yang bersangkutan tidak menyadari telah terjangkit COVID-19 dan tidak melakukan isolasi mandiri dirumah.

    Terutama pada kelompok umur yang masih muda sering kali karena kondisi fisiknya, kondisi imunitasnya jauh lebih baik maka tidak memperhatikan menjaga jarak sehingga dia membawa virus ini tanpa gejala dan kemudian menularkan kepada keluarganya dan kita tahu di antara keluarga kita mungkin ada yang rentan.

    Semoga mambantu. #dirumahaja



  • Dear relawan,

    Untuk menyambung pertanyaan di atas. Apa yang akan terjadi setelah 14 hari? (Bagi orang2 yang tidak memperlihatkan gejala). Apakah bisa di katakan sudah sembuh? Atau bagaimana?


  • Relawan

    Halo @josephfhalim
    Mohon izin membantu menjawab.

    Setelah 14 hari masa isolasi diri, apabila tidak timbul gejala atau gejala mereda, maka orang tersebut tidak memerlukan penanganan medis lebih lanjut.
    Akan tetapi untuk mencegah perluasan penyebaran penyakit ini, diharapkan untuk semua orang tetap #DirumahAja , baik itu bergejala ataupun tidak.
    Jangan lupa untuk selalu melakukan physical distancing dan menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat, seperti selalu mencuci tangan dengan sabun dan air, menerapkan etika batuk, mengonsumsi makanan bergizi, dan istirahat yang cukup.

    Anda juga bisa melakukan pemeriksaan kesehatan mandiri di checkupcovid19.jatimprov.go.id
    Untuk informasi lebih lanjut terkait Covid-19 termasuk peta persebaran kasus dan RS Rujukan Jawa Timur, dapat dicek di http://infocovid19.jatimprov.go.id/

    Terimakasih, semoga membantu.
    Salam.


Log in to reply
 



Pengguna Online: