Bertanya



  • Mau nanya, saya habis perjalanan dr surabaya dan pulang ke mojokerto. Dan saya suda mengkarantina diri sendiri selama 14 hari dan minum suplemen vitamin. Tetapi sy blm melapor . Apaka itu tidak apa apa



  • Maaf disini saya mau tanya, saya orang awam yang belum begitu paham. Saya kerja jualan otomatis tidak bisa menjalankan anjuran pemerintah dirumah aja. Bahkan setiap hari dituntut untuk bertemu banyak orang untuk berjualan, nah bagaimana ya perlindungan diri yang bisa saya lakukan?



  • @merindaisukho menurut saya tidak papa.alangkah baiknya seharusnya bapak lapor dahulu.untuk itu bapak diharuskan isolasi di rumah selama 2 minggu ya pak.



  • @Shalya-Fahmi bapak harus memakai masker.jaga jarak dengan pembeli.selalu cuci tangan,jangan menyentuh muka sebelum tangan bapak bersih,rajin olahraga dan memakan vitamin dan makanan bergizi


  • Relawan

    Dear @merindaisukho
    Terimakasih atas pertanyaannya. Izinkan saya membantu menjawab

    Sebaiknya anda dapat melapor dikarenakan kota Surabaya termasuk zona merah. bagi seseorang yang telah melakukan perjalanan dari luar daerah diwajibkan untuk melapor ke RT/RW setempat agar dapat dilakukan pemantauan, dibutuhkan keterbukaan dan kesadaran masyarakat untuk selalu melapor jika telah melakukan perjalanan dari luar daerah.

    Perjalanan dari Surabaya ke Mojokerto juga bisa berisiko penularan kepada anggota keluarga Anda yang tanpa Anda sadari sebelumnya. Yang mana risiko penularan tersebut Anda dapatkan selama di perjalanan.Isolasi mandiri dilakukan selama 14 hari.harus menjaga jarak dengan keluarga saat berkomunikasi. Bahkan harus memiliki kamar/ruangan khusus terpisah dari anggota keluarga lain.Dan menerapkan PHBS, termasuk makan makanan bergizi, menerapkan etika batuk dan bersin yang benar, rajin mencuci tangan dengan sabun.

    Untuk mengetahui kondisi dapat mengunjungi link ini https://checkupcovid19.jatimprov.go.id/covid19/

    Informasi lebih lanjut dapat diakses di infocovid19.jatimprov.go.id

    Terimakasih
    Semoga jawaban ini bisa membantu



  • Dear @Shalya-Fahmi

    Terima kasih atas pertanyaannya.
    Saya coba menjawab.

    Penyebaran bisa saja terjadi sewaktu-waktu tanpa kita sadari. Kenapa bisa begitu? Penularan virus COVID-19 bisa melalui :

    1. Kontak langsung (pegangan tangan,dll)
    2. Droplet (percikan bersin, batuk)

    Nah, alangkahbaiknya kita perlu waspada ya.

    1. Cuci tangan
    2. Pakai masker
    3. Jaga jarak
    4. Tingkatkan asupan kaya vit, protein
    5. Luangkan waktu untuk olahraga

    Semoga dapat membantu
    Terima kasih


Log in to reply
 



Pengguna Online: