Penularan terhadap hewan peliharaan



  • Apakah covid-19 bisa menular ke hewan peliharaan?soalnya kita khawatir





  • Dear @Ribut-supriadi

    Mohon ijin menjawab
    Terimakasih atas pertanyaannya

    Menurut OIE/Organisasi Kesehatan Hewan Dunia menyebutkan bahwa ada kemungkinan virus ini dapat menyebar dari manusia ke hewan. Namun hal ini masih dalam tinjauan yang lebih lanjut.

    COVID-19 ini memiliki macam-macam jenis. Namun jenis virus pada hewan dan manusia berbeda sehingga tidak menyebabkan penularan.
    Contohnya : Corona virus di bangsa kucing bisa menyebabkan penyakit feline infectious peritonitis.

    Namin baru-baru enelitian Layanan Kedokteran Hewan Wilayah Administratif Khusus Hong Kong, melaporkan kepada OIE, bukti bahwa dua anjing telah terinfeksi virus COVID-19 setelah terpapar dengan pemilik yang sakit dengan COVID-19. Belum ada bukti bahwa hewan peliharaan dapat menularkan penyakit ini ke manusia. Oleh karena itu, penemuan tersebut masih dalam tinjauan klinis.

    Saran kami saudara tetap menjaga kebersihan diri dan hewan saudara. Usahakan jauhkan diri dari air liur hewan maupun kotoran hewan.

    Semoga membantu
    Terima kasih



  • @Ribut-supriadi terimakasih atas pertanyaanya. Saya relawan andre ingin membantu menjawab pertanyaan saudara.
    Hingga saat ini covid 19 masih dalam proses penelitian apakah virus ini bisa menular dari hewan ke manusia atau sebaliknya dari manusia ke hewan. Namun dari beberapa berita dam fakta yang sudah ada virus ini pertama kalinya ditemukan pada harimau di suatu kebun binatang di amerika dan sebelumnya juga sempat menular pada anjing peliharaan. Dugaan para ilmuan pada awal awal penyebaran virus ini diduga berasal dari kelelawar di wuhan dan ular serta ada juga yang berasal dari trenggiling. Saran saya untuk sementara waktu apabila saudara punya hewan peliharaan agar dikarantina terlebih dahulu di dalam rumah atau kandang dan senantiasa dijaga kebersihan kandangnya untuk mencegah hal yang tidak diinginkan. Demikian jawaban dari saya semoga membantu. Terimakasih


Log in to reply
 



Pengguna Online: