Untuk daerah sidoarjo kota dan buduran apakah ada upaya untuk penyemprotan desinfektan ya ?



  • Untuk daerah sidoarjo kota dan buduran apakah ada upaya untuk penyemprotan desinfektan ke rumah rumah warga dan masjid-masjid ya ?

    Terimakasih


  • Relawan

    Dear @Randi-pangestu Pemerintah Daerah saat ini sedang melakukan upaya pemberian disinfektan ke tempat tempat yang berisiko menjadi tempat berkumpul. Namun masyarakat juga dapat turut aktif mencegah penyebaran covid 19 dengan melakukan pemberian disinfektan secara mandiri. Adapun bahan bahan yang dibutuhkan:

    1. Pemutih dengan takaran 2 sendok makan per 1 liter air
    2. Karbol dengan takaran 2 sendok makan per 1 liter air
    3. Pembersih lantai 1 tutup botol per 5 liter air
      Seluruh bahan tersebut dapat dicampur lalu disemprotkan ke tempat yang sekiranya membutuhkan disinfektan.
      Terimakasih semoga dapat membantu


  • @Relawan-Shinta-N apa boleh disemprotkan ke anggota tubuh?



  • Dear @taufiqfirmansyah

    Mohon ijin menjawab
    Desinfektan untuk lingkungan dan untuk tubuh manusia tentunya berbeda
    yang dijelaskan diatas adalah desinfektan untuk tempat/lingkungan

    Untuk desinfektan yang akan digunakan ditubuh dapat mengikuti aturan dari WHO namun menurut Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI), Prof. Dr. dr. Ari Fahrial Syam, SpPD-KGEH, MMB, mengimbau agar masyarakat tidak membuat sendiri handsanitizer apabila tidak memiliki bekal ilmu sebab yang digunakan adalah bahan-bahan kimia. Kecuali memiliki tenaga ahli dalam pembuatan handsanitizer dengan mengikuti ketentuan komposisi menurut WHO.
    Semoga membantu

    Terimakasih


  • Relawan

    Halo @taufiqfirmansyah

    Terimakasih atas pertanyaannya, izinkan saya menjawab pertanyaan anda.

    Untuk larutan desinfektan diatas mengandung cairan pemutih, pembersih lantai, atau karbol diperuntukkan untuk permukaan benda/lingkungan sekitar. Mohon untuk tidak menyemprotkan cairan tersebut ke anggota tubuh karena dapat menyebabkan iritasi pada kulit dan hidung.

    Anda dapat membersihkan badan anda dengan sabun. Terapkan perilaku hidup bersih sehat, salah satunya dengan mencuci tangan menggunakan sabun dengan benar.

    Salam


  • Relawan

    Dear @taufiqfirmansyah sebaiknya cairan disinfektan tidak disemprotkan kepada bagian tubuh karena cairan tersebut berasal dari bahan kimia dan dapat menimbulkan iritasi kulit atau bersifat karsinogenik dalam jangka panjang. Untuk menjaga kebersihan diri sebaiknya disarankan Anda rutin melakukan cuci tangan dengan sabun sesuai aturan dan rutin mandi dengan harapan hal tersebut dapat mengurangi risiko terpapar virus. Makan makanan yang bergizi serta istirahat yang cukup. Semoga anda dan keluarga selalu diberi kesehatan oleh Tuhan.
    Terimakasih semoga membantu



  • @Relawan-Shinta-N Penyemprotan secara mandiri sdh kami coba.. Dari rumah ke rumah.. Sasaran utama ruang tamu, teras depan, pagar atau tempat yg dianggap banyak disentuh.. Idealnya brp kali penyemprotan disinfektan dilakukan
    Terimakasih



  • Dear @Gais

    Mohon ijin menjawab
    Menurut Peraturan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, desinfeksi ini efektif dilakukan sebanyak 2-3 kali sehari

    Semoga membantu
    Terimakasih


Log in to reply
 



Pengguna Online: