Mau nanya, apa benar obat flu yg mengandung Ibuprofen tidak dianjurkan utk saat ini?



  • Apakah obat flu yg mengandung paracetamol dapat digunakan ?
    Sementara yg mengandung Ibuprofen tidak dianjurkan?
    Kalau gak salah keduanya masih obat bebas terbatas.


  • Relawan

    Selamat siang @fajrss

    Badan Kesehatan Dunia (WHO) merekomendasikan penderita gejala infeksi virus corona (Covid-19) untuk menghindari asupan medis atau obat ibuprofen.

    penggunaan Ibuprofen saat ini harus ada pengawasan dari dokter karena Ibuprofen merupakan obat antiinflamasi nonsteroid. Sedangkan paracetamol sendiri, bukan digunakan untuk meredakan peradangan, hanya digunakan untuk meredakan nyeri atau demam.

    Untuk penggunaan obat yang tidak dijual bebas dipasaran, harap menemui dokter anda untuk menghindari terjadinya kesalahan dalam penggunaan obat.

    Semoga membantu. Salam sehat



  • Terimakasih


  • Relawan

    Terima kasih atas pertanyaannya @fajrss
    Saya akan mencoba menjawab

    Menurut studi yang dilakukan WHO memang benar bahwa untuk sementara waktu pengunaan ibuprofen sebaiknya dihindari dahulu pada pasien dengan gejala Covid-19. Penelitian yang dilakukan WHO menghipotesiskan bahwa suatu enzim yang dikuatkan oleh obat antiinflamsi seperti Ibuprofen dapat memfasilitasi dan memperburuk infeksi Covid-19. Selain itu menurut beberapa sumber yang saya baca bahwa salah satu alasan untuk menghindari ibuprofen adalah dugaan terkait adanya upaya mempermudah replikasi virus. National Health Service (NHS) dan beberapa ahli dari WHO juga menyarankan untuk sementara penggunaan parasetamol lebih dianjurkan untuk mengobati gejala-gejala Covid-19, kecuali jika dokter Anda memberi tahu parasetamol tidak cocok untuk Anda. Namun jika Anda sudah mengonsumsi ibuprofen atau obat antiinflamasi nonsteroid (NSAID) lain atas saran dokter, jangan berhenti meminumnya tanpa berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu.
    Namun sekali lagi hal tersebut diatas masih dilakukan penelitian lebih lanjut karena belum ada bukti kuat terkait statement ini, sebaiknya tetap berkonsultasi pada dokter dahulu sebelum membeli obat yang tersebar bebas. Dan cara yang benar-benar efektif untuk melawan virus ini adalah tetap melakukan social distancing & cuci tangan dengan sabun.

    Terima kasih, semoga membantu.



  • Siap mbak Mega, tks


Log in to reply
 



Pengguna Online: