Cairan desinfektan yang aman bagi manusia



  • selamat pagi.
    Mau bertanya, kira-kira adakah cairan desinfektan yang aman bila disemprotkan ke manusia? Kalau ada cairan apa yang dipakai?
    Terimaksih.



  • Selamat pagi, perkenalkan saya Maria, relawan mahasiswa. Saya mencoba menjawab pertanyaan mbak. Sampai saat ini belum ada informasi yang mengatakan adanya cairan desinfektan yang aman disemprotkan ke manusia. Cairan desinfektan memang efektif membunuh kuman (bakteri, virus) namun penyemprotannya efektif pada permukaan benda mati (contoh: ganggang pintu dan permukaan benda lainnya). Kandungan pada cairan desinfektan seperti klorin tidak baik terkena tubuh secara langsung karena dapat mengiritasi kulit terutama jika terkena pada area mata, hidung dan mulut (Sumber : WHO)


  • Relawan

    Halo @Nur-Azmi
    Izinkan saya membantu menjawab pertanyaan saudara.

    Organisasi kesehatan dunia (WHO) sebenarnya tidak merekomendasikan penyemprotan disinfektan ke tubuh manusia. Lewat akun media sosialnya, WHO juga menyampaikan resiko penyalahgunaannya.

    Lewat akun Twitter-nya, WHO Indonesia juga memperingatkan masyarakat agar berhati-hati melakukan penyemprotan disinfektan. "#Indonesia, jangan menyemprot disinfektan langsung ke badan seseorang, karena hal ini bisa membahayakan. Ayo #LawanCovid-19 dengan tepat!" bunyi pesan WHO Indonesia lewat @WHOIndonesia.

    Ketua Tim Pakar Gugus Tugas Penangan Covid-19 Wiku Adisasmito mengatakan, cairan disinfektan hanya ampuh menghilangkan mikroorganisme yang menempel pada benda-benda mati.Misalnya lantai, meja, peralatan medis, atau permukaan benda yang sering disentuh. Disinfektan hanya digunakan pada permukaan benda-benda.

    Terdapat cara lain yang dapat dilakukan jika ingin melakukan sterilisasi diri setelah beraktivitas di luar, tanpa harus menyemprotkan disinfektan ke tubuh.

    Metode pencegahan tersebut dapat diganti dengan selalu mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, hindari menyentuh area wajah dan langsung segera mandi dan cuci baju anda ketika sampai di rumah.

    Semoga ini dapat membantu.

    https://twitter.com/WHOIndonesia/status/1244184410687016960?s=19


  • Dokter

    Dear @Nur-Azmi
    Sebenarnya tidak aman. Menurut WHO juga tidak menganjurkan untuk disemprot ke manusia..
    Efeknya bisa menyebabkan gangguan kulit, gangguan iritasi pernapasan, karena kandungan alkohol dan bahan desinfektan tersebut..



  • @Nur-Azmi
    kalau menurut saya manusia tidak perlu disemprot desinfectant.
    Mandi dengan sabun mandi, cuci tangan dengan sabun selama 20 dtk, keramas dengan sampo, baju dicuci dengan deterjen, kacamata dicuci juga dengan sabun, kalau perlu air yg digunakan udah di tetesi dettol. Kalau gak ada air baru pakai hand sanitizer..

    Lantai rumah dipel 2x sehari pakai pembersih lantai, meja meja, handel pintu dibersihkan dengan sabun

    Dan berserah diri pada Tuhan.


Log in to reply
 



Pengguna Online: