StayAtHome


  • Moderator

    Mau tanya nih, ada temen tinggal di Surabaya, satu bulan terakhir melakukan perjalanan ke barbagai kota bahkan luar negeri. Sekarang batuk pilek sakit perut berat. Udh ke dokter, disarankan istirahat di rumah. Org dg kriteria spt ini boleh ngantor gk? Istirahat di rumahnya berapa hari?



  • Dear @retnoyw untuk sementara, teman anda lebih baik istirahat di rumah, jika dalam beberapa hari teman anda tidak kunjung sembuh, ajaklah teman anda untuk diperikasakan di rumah sakit/puskesmas terdekat.


  • Relawan

    Dear @retnoyw sebaiknya seseorang yang pernah berkunjung ke zona merah melakukan isolasi mandiri selama 14 hari agar dapat meminimalisir penyebaran covid 19 dikarenakan belum diketahui apakah orang tersebut terpapar virus Corona atau tidak. Jangan panik, tetap jaga kebersihan diri dan jangan lupa untuk mengonsumsi makanan yang bergizi.
    Terimakasih


  • Relawan

    Hallo selamat pagi @retnoyw

    Sebaik nya beristirahat dulu di rumah atau mengisolasi diri selama 14 hari karena seseorang yang habis berkunjung ke zona merah atau luar negri beresiko tinggi terkena virus corona jika dalam mengisolasi diri jaga pola makan yang sehat dan beristirahat dengan cukup dan jangan lupa untuk selalu cuci tangan dan yang paling penting jangan panik tetang tenang karena jika kita panik yang berlebikan akan menyebabkan imun kita menurun dan sangat beresiko terkena paparan covid 19 , jika terdapat gejala" yang tampak dan tak kunjung sembuh segera periksakan diri


  • Relawan

    Selamat pagi mohon ijin menjawab, lebih baik melakukan isolasi diri dirumah dahulu sambil mengkonsumsi makanan sehat guna untum meningkatkan imunitas teman anda. Jika tetap tak kunjung membaik silahkan bawa ke igd rumah sakit terdekat



  • Dear @retnoyw
    Gejala-gejala seperti batuk, pilek, dan sakit perut berat juga masih bisa ada kemungkinan disebabkan karena faktor lain yang dipengaruhi selama perjalanan diantaranya bisa karena kondisi kesehatan yang menurun karena telalu lelah atau keadaan tubuh yang tidak bersahabat dengan lingkungan. Jika sudah diarahkan untuk mengisolasi diri dirumah sebaiknya dilakukan dalam pengawasan sambil terus melihat perkembangan gejalanya apakah semakin memberat atau tidak. Sekiranya tidak membaik bisa langsung melapor ke layanan kesehatan agar mendapatkan penanganan yang tepat. Tidak perlu panik, tetap kondisikan dia tetap tenang dan ajak untuk menjaga kesehatan serta kebersihannya. Tetap jaga jarak aman ya karena semua kemungkinan termasuk dia sudah terjangkit covid-19 bisa ada. Terima kasih.


  • Dokter

    Dear @retnoyw
    Saya sarankan, untuk teman anda agar tetap melakukan observasi atau karantina diri dirumah selama 14 hari. Tidak perlu ke kantor untuk beberapa hari.


Log in to reply
 



Pengguna Online: