Covid 19 menular melalui hewan



  • Apa benar covid19 bisa menular melalui hewan karna dikampung banyak kucing,ayam,burung dll?



  • Salam sehat @assyifatu

    Terima kasih atas pertanyaannya
    Saya akan coba menjawab ya

    Coronavirus adalah kelompok virus yang biasanya terdapat pada binatang. Terkadang, orang terinfeksi virus-virus ini, yang kemudian menyebar ke orang lain, seperti SARS-CoV dan MERS-CoV. SARS-CoV dikaitkan dengan musang, sedangkan MERS-CoV ditularkan oleh unta. Hewan penular COVID-19 belum bisa dipastikan sampai saat ini.
    Untuk melindungi diri, misalnya saat mengunjungi pasar hewan hidup, hindari kontak langsung dengan hewan hidup dan permukaan yang bersentuhan dengan hewan. Pastikan kebersihan makanan selalu dijaga. Berhati-hatilah ketika memegang daging, susu atau organ hewan mentah untuk menghindari kontaminasi dengan makanan mentah dan hindari konsumsi produk-produk hewan yang mentah atau tidak matang sempurna.

    Sumber : https://www.who.int/indonesia/

    Terima kasih
    Semoga membantu


  • Relawan

    Halo @assyifatu
    Izinkan saya membantu menjawab pertanyaan saudara.

    Menurut OIE/Organisasi Kesehatan Hewan Dunia menyebutkan bahwa ada kemungkinan virus ini dapat menyebar dari manusia ke hewan. Namun hal ini masih dalam tinjauan yang lebih lanjut.

    Namun baru-baru ini Penelitian Layanan Kedokteran Hewan Wilayah Administratif Khusus Hong Kong, melaporkan kepada OIE, bukti bahwa dua anjing telah terinfeksi virus COVID-19 setelah terpapar dengan pemilik yang sakit dengan COVID-19. Belum ada bukti bahwa hewan peliharaan dapat menularkan penyakit ini ke manusia.

    Hingga saat ini masih sangat banyak sifat dari SARS-CoV-2, penyebab Covid-19, yang belum diketahui. Virus ini awalnya diduga hanya bisa ditularkan dari hewan liar ke manusia. Namun kemudian penelitian yang berkembang mendapati bahwa virus ini hanya menular antarmanusia. Lalu baru-baru ini, muncul kasus pada manusia yang diduga bisa menularkan Covid-19 ke hewan peliharaannya.

    Di beberapa negara, penelitian terhadap proses penularan Covid-19 dari manusia ke hewan maupun sebaliknya, sudah dilakukan. Namun hingga saat ini, belum ada hasil yang bisa memastikan alur penularan tersebut. Belum diketahui juga mengenai kemampuan infeksi Covid-19 pada hewan dalam menimbulkan efek keparahan yang sama seperti manusia.

    Saran kami saudara tetap menjaga kebersihan diri dan hewan saudara. Usahakan jauhkan diri dari air liur hewan maupun kotoran hewan.

    Semoga membantu


Log in to reply
 



Pengguna Online: