virus covid19 bisa bertahan dengan melayang2 di udara selama 8jam? fact or hoax?



  • sempet ada yang share di salah satu grup WA yang bilang katany ada penemuan baru baha virus covid19 bisa bertahan hidup dengan melayang2 di udara selama 8jam? karna setau sy virus itu harus ada agen biar bisa bertahan hidup. entah nempel di benda/manusia. minta tolong di jelaskan. soalnya britanya semakin membuat oranh jadi takut dan resahūüôŹ


  • Relawan

    Halo @Rananda
    Izinkan saya membantu menjawab pertanyaan saudara.

    Baru-baru ini memang sedang ramai diperbincangkan bahwa sebuah pesan sempat beredar di media sosil yang menyatakan Virus Corona COVID-19 dapat menular melalui udara dan mampu bertahan selama 8 jam.

    Menanggapi hal tersebut, pihak Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) melalui akun Instagramnya @who menegaskan apa yang telah tersebar merupakan informasi palsu. (Check https://www.instagram.com/p/B-UieTUD42A/?igshid=y57efgz8p0uy)

    WHO pun memberi penjelasan bahwa jalur penyebaran utama dari Virus Corona adalah melalui droplets (tetesan) yang disebarkan ketika seseorang batuk, bersin, maupun bicara.

    Droplets ini terlalu berat untuk bertahan di udara. Mereka dengan cepat jatuh ke lantai maupun permukaan.

    Seseorang bisa terinfeksi ketika ia menghirup udara saat berada sejauh 1 meter dengan orang yang positif Covid-19 ketika pasien tersebut sedang/setelah bersin atau batuk serta berbicara, atau menyentuh permukaan benda lalu kemudian menyentuh bagian wajah seperti mata, hidung, atau mulut tanpa mencuci tangan terlebih dahulu.

    Maka dari itu, tetap lakukan physical distancing, atau menjaga jarak sekurang-kurangnya satu meter dengan orang lain atau dengan permukaan yang paling sering disentuh banyak orang. Sering mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir serta hindari menyentuh bagian wajah.

    Semoga membantu.


  • Relawan

    Izin bantu menjawab @Rananda Dari hasil webinar PAPDI menyatakan bahwa Virus dapat hidup dan bertahan di udara selama 2-3 jam adapun waktu bertahan hidup virus pada maupun benda, yaitu :
    Udara : 2- 3 jam dengan waktu paruh 1,5 jam
    Tembaga : 4 jam dengan waktu paruh 1 jam
    Stainless steel : 2 hari dengan waktu paruh 6 jam
    Plastik : 2 hari dengan waktu paruh 7 jam

    Terima kasih


Log in to reply
 



Pengguna Online: