MENGALAMI TENGGOROKAN TIDAK ENAK



  • Maaf Mas/Mbak, saya mau tanya beberapa hari lalu saya mengalami gejala seperti mau flu, muncul dahak namun tidak batuk/pilek, hari ini kondisi saya tidak batuk/pilek namun merasa tidak enak ditenggorokan saja. Apakah ini termasuk gejala Covid-19? Apakah saya sudah perlu untuk cek ke dokter?
    ~Terima Kasih~


  • Relawan

    Dear @habib-jibril
    Terimakasih atas pertanyaannya. Izinkan saya membantu menjawab

    Beberapa studi mengatakan bahwa jika seseorang diduga terinfeksi COVID-19, maka akan mengalami gejala klinis seperti batuk, bersin, demam, dan kesulitan bernapas yang muncul setelah 2 hari, atau selama 14 hari setelah terpapar virus. Pada gejala Covid-19 ini terlihat mirip dengan flu maupun pilek biasa. Sehingga untuk mendiagnosisnya, diperlukan keterangan riwayat bepergian atau kontak dengan orang yang berasal dari wilayah paparan virus. Tidak hanya itu, tes laboratorium berupa spesimen juga dibutuhkan.

    Dari keluhan yang disampaikan, tidak menunjukkan gejala covid19. Apabila flu dan sakit pada tenggorokan tidak berangsur membaik segera hubungi dokter. Kunjungi link ini https://checkupcovid19.jatimprov.go.id/covid19/ untuk mengetahui kondisi saudara lebih lanjut

    Saat ini selama gejalanya masih ringan, maka yang perlu dilakukan adalah :
    Dirumah saja, hindari berpergian kecuali ada kepentingan yang mendesak
    Minum air putih yang banyak, minimal 2 liter/ hari
    Rajin kumur menggunakan air hangat yang sudah dicampur dengan sedikit garam.
    Makan yang banyak, tapi hindari pedas dan gorengan, sebisa mungkin makan makanan berkuah.
    Minum vitamin C untuk meningkatkan daya tahan tubuh.
    Cukup tidur, minimal 8 jam.
    Rajin cuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir.
    Ketika batuk atau bersin, tutup menggunakan tissue atau lengan atas baju bagian dalam agar air liur tidak terpercik kemana-mana. Jangan menutup menggunakan telapak tangan secara langsung.
    Bila ada keluhan demam, dan sesak napas, maka segera lakukan pemeriksaan ke Rumah Sakit rujukan setempat. Pastikan Anda menggunakan masker selama perjalanan.

    Informasi lebih lanjut dapat diakses di infocovid19.jatimprov.go.id

    Terimakasih
    Semoga jawaban ini bisa membantu


Log in to reply
 



Pengguna Online: