Mohon infonya tentang keadaan saya



  • 1 hari lalu sampai hari ini pada saat saya pulang malam dari kantor, saya merasakan meriang dan sering bersendawa. Telapak kaki saya dan badan seperti hangat, tapi saya tidak mengalami sesak nafas ataupun batuk, dan saya tidak pernah keluar kota atau keluar negeri.
    Ketika menjelang malam saja saya merasakan seperti meriang dan saya berkeringat, saya was was , saya kenapa ya?


  • Relawan

    Halo @Azer

    Jangan panik, tetap jalankan pola hidup sehat mulai dari cukupi nutrisi dengan gizi yang baik, istirahat yang teratur, perbanyak minum air putih minimal 8xsehari, olahraga dan olah mindset anda ke berbagai hal positif yang membuat perasaan bahagia.
    Jika dirasa gejala semakin bertambah silahkan cek kesehatan anda pada pelayanan kesehatan terdekat

    Semoga membantu

    Dara Safira Mellyana A.P
    Mahasiswa Keperawatan



  • Sobat sehat @Azer

    Terima kasih atas pertanyaannya
    Saya coba menambahakan

    Tarik napas
    Hembuskan perlahan
    Cobalah 3x

    Sobat sehat tak perlu cemas ya, sebelumnya bolehkan saya tanyakan kembali apakah 1 mgg terakhir mengalami batuk kering/berdahak? Ataukah dilingkungan sobat mengalami gejala batuk kering/berdahak?
    Bilamana mengalami, apakah sobat mengalami penurunan BB, nafsu makan turun?

    Yuk, luangkan waktu berjemur 15 menit dibawah terik matahari sesuai anjuran yang ada. Jangan lupa juga tingkatkan asupan vitamin (sayur, buah) dan protein (ikan), terakhir jaga tubuh jangan sampai dehidrasi. Oke

    Semoga membantu
    Terima kasih



  • Assalamualaikum.
    Sya mau tanya. Hmpir 2 minggu ini sya mengalami sperti ada dahak di tenggorokan dan tenggorokan sya berasa gatal. Cuma sya tdk demam n flu. Tetapi keseharian sya bekerja dgn orang yg perokok aktif diruangan ber ac. Apa itu efek keseharian sya di kantor / termasuk gejala penyakit ya kak?? Mohon infonya... Akhir2 ini sya parno dngar berita yg beredar


  • Relawan

    Halo @Ino-Oktavi

    Sesuai protokol kesehatan penanganan covid 19, jika Anda merasa tidak sehat dengan kriteria:
    a. Demam 38 derajat Celcius, dan
    b. Batuk/pilek
    istirahatlah yang cukup di rumah dan bila perlu minum Bila keluhan berlanjut, atau
    disertai dengan kesulitan bernafas (sesak atau nafas cepat), segera berobat ke
    fasilitas pelayanan kesehatan (fasyankes)
    Pada saat berobat ke fasyankes, Anda harus lakukan tindakan berikut:
    a. Gunakan masker
    b. Apabila tidak memiliki masker, ikuti etika batuk/bersin yang benar dengan
    cara menutup mulut dan hidung dengan tisu atau punggung lengan
    c. Usahakan tidak menggunakan transportasi massal

    Usahakan jangan terlalu panik :
    Batasi social media, sebelum meneruskan informasi dari social media, lakukan
    konfirmasi melalui sumber berita terpercaya seperti dari CDC dan WHO, jangan
    menyebarkan hoax! berikut adalah situs resmi untuk COVID-19 di Indonesia:

    1. Nasional https://www.covid19.go.id/
    2. Jawa barat https://pikobar.jabarprov.go.id/
    3. DKI Jakarta https://corona.jakarta.go.id/
    4. DIY https://corona.jogjaprov.go.id/
    5. Jawa Tengah https://corona.jatengprov.go.id/

    Jangan menjadi sedenter (non-aktif) dengan hanya menonton TV atau berbaring di
    kasur. Bermain dengan anak, bermain board-game, bertanam, melukis dsb dapat
    dilakukan.
    Istirahat yang cukup, makan dan minum dengan jumlah gizi dan kalori seimbang.
    Idealnya tidur selama 7-9 jam, namun tentu tidak semua orang dapat tidur selama ini
    dikarenakan berbagai faktor. Yang lebih utama adalah kualitas tidur dibanding lama
    tidur. Tidur juga membantu menjaga sistem kekebalan tubuh kita. Seiring
    bertambahnya usia, akan semakin sulit untuk tidur. Pertama, cari tahu apa penyebab
    sulit tidur. Kemudian coba lakukan sleep hygiene, yaitu hanya menggunakan kasur
    untuk tidur, bukan untuk bekerja. Jangan olahraga tepat sebelum tidur, karena akan
    meningkatkan adrenalin hingga sulit tidur. Hindari kopi dan teh yang mengandung
    kafein menjelang tidur. Hindari kebiasaan minum alkohol (bagi yang minum)
    menjelang tidur. Hindari makanan yang merangsang lambung, seperti makanan
    pedas dan bersantan, saat makan malam.
    Jaga kebersihan diri, dengan tetap mandi, gosok gigi, cuci muka.
    Jaga komunikasi dengan orang terdekat melalui telpon atau video call. Social
    distancing bukan berarti memutus hubungan.
    Keluar rumah sesaat untuk mencari udara segar dengan menjaga social distancing
    dapat dilakukan.

    Semoga membantu

    Dara Safira Mellyana A.P
    Mahasiswa Keperawatan



  • @Relawan-Vega kalo batu berdahak iya, karena saya seorang perokok, untuk nafsu makan tidak berkurang, tapi lidah saya seperti hambar

    Trimakasih sarannya smoga kita semua diberi kesehatan



  • @Relawan-Dara-S terimakasih atas sarannya, semoga kita semua diberi kesehatan


Log in to reply
 



Pengguna Online: