Tanya dok



  • Selamat pagi hari2 akhir ini saya merasakan tekanan terhadap gejala covid-19. Namun saya tidak merasakan batuk pusing atau pun demam tinggi. Namun kemarin saya sempat meriang serta seluruh badan terasa kesemutan. Dan darah saya berada dititik 90. Tolong beri saya jawaban apa yang terjadi pada saya


  • Relawan

    Halo, apakah sebelum nya pernah mengunjungi/bepergian di negara/daerah yg terjangkit corona?
    Atau sebelumnya apa pernah kontak langsung dengan penderita corona?
    Jika tidak pernah bepergian ataupun kontak langsung, cukup dengan istirahat, minum vitamin, dan self quarantine.. Jika perlu melakukan self assesment di bit.ly/SelfAssesmentJatim dan tidak perlu panik.


  • Dokter

    Dear @DK
    Selamat pagi, untuk aktifitas sehari- hari jangan berlebihan dulu , perbanyak asupan nutrisi, seperti makan sayur-sayuran berserat, buah-buahan, vitamin, olahraga yang teratur, apabila terasa sakit meriang beristirahat dulu secukupnya dirumah dan periksa ke dokter,Jika perlu melakukan self assesment di bit.ly/SelfAssesmentJatim dan tidak perlu panik.
    Terima kasih



  • Dear @DK,izin menambahkan,jgn lupa untuk selalu cuci tangan pakai sabun dan air mengalir, makan makanan yg bergizi,olahraga,minum vitamin dan hindari stress. Pada situasi pandemi global seperti ini,penting juga bagi kita menjaga kesehatan psikis. Tetap waspada,namun jangan panik. Stay positive dan tetap #dirumah aja 😊

    Terima kasih


  • Relawan

    Halo. Terima kasih atas pertanyaan Anda.

    Saya izin untuk membantu menjawab...

    Jika Anda mengalami stress karena banyaknya tekanan dan/atau pemberitaan mengenai covid-19. Lakukan beberapa cara untuk meredakan stress seperti olahraga, berjemur di pagi hari (depan rumah ya, #dirumahaja), istirahat cukup 7-9 jam dan jangan lupa perilaku hidup bersih dan sehat lainnya.

    Jika gejala yang Anda alami semakin mengganggu kondisi fisik dan sosial seperti sulit tidur, jantung berdebar, pusing, mudah marah, cemas berlebihan, halusinasi, atau hal yang mengganggu lainnya, segera periksa ke psikolog terdekat dan nanti akan dirujuk ke psikiater jika membutuhkan farmakoterapi.

    Jangan cemas dan tertekan ya. Tuhan menyertaimu... :)

    Demikian, semoga jawaban saya bermanfaat dan Anda segera diberikan kesehatan.

    Relawan Eswahos
    Mahasiswa Ilmu Gizi dan Dietetika
    Poltekkes Malang


  • Relawan

    Dear @DK

    Saya Andiani, izinkan saya menjawab pertanyaan anda. Saya yakin anda sangat khawatir dengan informasi simpang siur mengenai Covid-19.
    Untuk saat ini jika anda ingin mengetahui apakah anda mengalami gejala Covid-19 anda dapat mengunjungi http://checkupcovid19.jatimprov.go.id/

    Menurut WHO sendiri gejala Covid-19 adalah batuk kering, demam >38C, sesak dan kesulitan bernapas.

    Untuk pencegahan penularan saat ini lebih baik hindari keramaian dengan beraktifitas dirumah saja, mengkonsumsi makanan yang bernutrisi dan vitamin, berjemur 10-15 menit dan olahraga 30 menit.


Log in to reply
 



Pengguna Online: