Ibu hamil bepergian ke luar kota



  • Saat ini saya sedang hamil 7 bulan di daerah kediri kabupaten, posisi suami saya sekarang ada di kota Malang, suami saya ingin mengajak saya untuk ke Malang agar bisa lebih dekat dg keluarga, namun saya menolak dengan alasan kondisi saat ini yg blm aman. Tpi sepertinya suami saya tdk bs mengerti....kira2 bagaimana saya menjelaskan ke suami saya?


  • Relawan

    Halo @fitriasari88
    Izinkan saya membantu menjawab pertanyaan saudara.

    Adapun bila melakukan perjalanan jauh setelah usia itu, ibu hamil memerlukan istriahat yang cukup karena kondisi perut yang sudah semakin membesar. Selain itu, ibu hamil juga berisiko mengalami kelahiran prematur karena kelelahan atau kondisi tak terduga lainnya.

    Ibu hamil boleh saja melakukan perjalanan jauh sebelum atau sesudah dari usia 7 bulan kehamilan, bila kehamilan sehat, tidak ada komplikasi, ibu hamil merasa kuat, dan mendapatkan izin dari dokter. Untuk itu, sebaiknya lakukan konsultasi pada dokter terlebih dahulu sebelum melakukan perjalanan jauh terlebih apabila menggunakan kendaraan umum.

    Dengan begitu, ibu hamil bisa mengetahui apakah kondisi janin cukup sehat untuk diajak berpergian jauh dan ibu hamil bisa lebih mempersiapkan diri.

    Namun, selain dari faktor ibu hamil sendiri. Pada masa ini pemerintah mengingatkan risiko bepergian selama masa wabah seperti sekarang. Risiko penularan virus corona penyebab Covid-19 di perjalanan saat ini sangat tinggi.

    "Risikonya terlalu tinggi kalau berpergian dalam situasi seperti ini, sebab akan ada perjalanan panjang yang dilalui dan sangat mungkin bertemu banyak orang," kata Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19 Achmad Yurianto dalam konferensi pers di Gedung BNPB Jakarta.

    Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan itu mengatakan bahwa warga yang memaksakan melakukan perjalanan jauh selama masa wabah menghadapi risiko besar penularan virus corona selama perjalanan.

    Oleh karena itu pikirkan kembali dengan menimbang dari aspek positif dan risiko yang didapat.
    Semoga membantu.


Log in to reply
 



Pengguna Online: