Apakah yang bisa imun terhadap virus ini yg sudah tertular saja?



  • Mohon pencerahan, dari bbrp berita dan artikel yang saya baca, bahwa jika seseorg terinfeksi virus ini jika memang kondisinya fit maka akan bisa melawan virus tersebut dan akhirnya bisa imun terhadap virus tersebut.
    Bagaimana dengan yg tidak terinfeksi? Apakah peluang terinfeksinya msh sangat besar?
    Seperti virus flu, walau kita pernah terkena virus flu, masih bisa terkena lagi berulang2 kan?
    Terimakasih



  • Dear @cendradini
    Mohon ijin menjawab,
    Sebenarnya untuk kemungkinan terinfeksi sendiri itu ada untuk semua orang, baik yang memiliki imunitas baik ataupun tidak. Yang membedakan nanti adalah respon dari tubuh orang tersebut, sebagian dapat mengatasi virus dengan imunnya sendiri sedangkan sebagian lagi tidak. Gejala yang ditimbulkan sendiri bisa bermacam-macam dari yang ringan hingga berat. Sehingga jika boleh menjawab pertanyaan cendra mengenai peluang infeksi, maka setiap orang memiliki peluang dalam terinfeksi, peluang ini akan semakin besar jika kita sering berinteraksi dengan orang lain yang tidak kita ketahui apakah sudah terinfeksi atau belum.

    Untuk pertanyaan kedua, sampai sekarang belum diketahui secara pasti apakah seorang yang sudah sembuh dari COVID 19 pasti tidak akan terinfeksi lagi, namun secara teori seharusnya setelah seseorang terinfeksi maka orang tersebut akan mengeluarkan imun yang spesifik sehingga mencegah terinfeksi kembali. Namun sekali lagi, masih ada kasus dimana seseorang terinfeksi kembali setelah sembuh dari COVID. Sehingga akan lebih baik jika tetap melakukan tindakan penceahan seperti yang telah disosialisasikan.

    Terima kasih


  • Relawan

    Halo @cendradini

    Boleh minta tolong dijelaskan "Bisa imun" yang Anda maksud?

    Apakah yang Anda maksud "Bisa kebal?" atau bagaimana?


Log in to reply
 



Pengguna Online: