Mohon arahan untuk suami yang bekerja di Jakarta dan akan pulang kampung



  • Yth Admin, mohon penjelasannya. Dalam minggu ini suami saya yang bekerja di Jakarta dan saat ini tinggal di Bogor akan pulang kerumah (Bangil Pasuruan). Sudah 1 bulan lebih kantor diliburkan dan selama itu juga suami saya hanya dirumah dan tidak kemana-mana dan saat pulang juga membawa mobil pribadi. Semua keluarga dan orang di sekitar rumah saya pada takut apabila nanti suami saya datang.
    Yang jdi pertanyaan saya, apa yang harus saya lakukan? Apakah saya meminta suami untuk melakukan rapid test untuk meyakinkan orang-orang? Mohon arahannya.
    Terima kasih🙏


  • Relawan

    Halo @Lina-Mariana

    Kami sarankan suami Anda untuk tetap di rumah namub jika urgent dan harus pulang kampung. Pastikan suami Ansa melakukan karantina mandiri di rumah di Jakarta selama 14 hari. Dalam perjalanan jangan keluar mobil kecuali dengan alasan urgent. Usahakan tidak menyentuh barang barang umum di perjalanan.
    Dan lakukan karantina mandiri di rumah 14 hari.



  • Dear Bu@Lina-Mariana,
    Nanti saat suami ibu tiba di rumah dimohon utk

    1. Mengikuti protokol masuk rumah yg udah banyak beredar.
    2. Lalu segera Isolasi mandiri; dikamar terpisah dengan anggota keluarga lain, Selalu jaga jarak min 1 m. Selalu pakai masker. Tidak menerima tamu, Dst dst selama 14 hr. Jangan lupa kasih kabar ke pengurus RT
    3. Meningkatkan kesehatan dan Daya tahan tubuh, dengan mengkonsumsi makanan bergizi, kalau perlu tambah suplemen vitamin. Cukup tidur, hindari stress dst dst.
    4. Bila dalam periode ini timbul salah satu gejala covid19 ( demam, batuk kering, pilek, sakit tenggorokan) yang makin Memburuk, segera ke Fasyankes, jangan lupa tetep jaga jarak, dan pakai masker.
      Semoga dapat membantu.


  • Bagaimana ya cara meyakinkan orang tua supaya tidak takut menerima suami saya? Orang tua saya sangat takut dan rencana akan mengusir suami pada saat sampai rumah. Dirumah saya yang paling takut mengenai ancaman corona, tapi karena saya mengetahui keseharian suami selama di Bogor makanya saya tidak lagi kuatir.
    Bagaimana ya cara saya meyakinkan orang tua saya supaya mereka tidak mengusir suami saya. Kerumah sanak saudara juga tidak diijinkan. Mohon masukannya🙏


  • Relawan

    Hallo Bu @Lina-Mariana terima kasih sebelumnya sudah sharing dengan kami, untuk mengatasi ketakutan tersebut, sebelumnya dipastikan terlebih dahulu suami Ibu lebih baik datang saat jam kerja pemerintah desa setempat atau janjian dengan pemerintah setempat jam kedatangan, tujuannya untuk melaporkan diri dulu. Setelah itu mungkin akan didata sebagai ODP, namun setidaknya sudah ada jaminan dari pemerintah setempat bahwa suami Ibu dalam pemantauan. Selanjutnya sesampainya di rumah mandi dan ganti pakaian, serta barang bawaan dibersihkan terlebih dahulu, setelah itu karantina mandiri di dalam rumah aja kurangi kontak fisik dulu dengan anggota keluarga. Jika keluarga masih merasa kurang aman, maka bisa isolasi diri di dalam kamar terlebih dahulu. Semoga membantu ya Bu.



  • Yth. Admid Satgas Covid-19, saya mempunyai Saudara yang bekerja sebagai sopir (semacam sopir ekspidisi) dari Surabaya menuju Jakarta. Selama masa pandemi covid ini sudah berkali kali bertugas ke Jakarta dan sempat plg ke rumah sehari, minggu kmr (seminggu yang lalu) kemudian berangkat kembali. Sudah saya sarankan untuk isolasi mandiri tetapi tidak mau dan tetap berangkat. sebagai keterangan di rumahnya juga ada anak-anak balita dan orang tua. pertanyaannya apakah yang harus dilakukan bagi keluarga di rumah karena sempat kontak? dan apakah yang harus dilakukan untuk saudara saya jika kembali lagi ke rumah?


  • Relawan

    Halo selamat malam @Mono izin membantu menjawab

    Kami sangat senang karena anda turut melakukan gerakan untuk mengurangi penyebaran covid dengan menyarankan saudara anda untuk melakukan isolasi mandiri. Langkah yang anda lakukan tersebut sudah tepat memang disarankan bagi seseorang yang habis berpergian dari zona merah (terutama jakarta yang menjadi pusat penyebaran covid di Indonesia) untuk melakukan isolasi mandiri.

    kami menyarankan, yang harus dilakukan orang rumah adalah isolasi mandiri dengan membatasi diri berinteraksi dengan masyarakat, menggunakan masker ketika keluar rumah dan menjaga jarak minimal 1,5 meter dengan orang lain. langkah ini juga dapat dilakukan oleh saudara anda yang bekerja sebagai kurir tersebut.

    apabila saudara anda pulang kerumah, selain membatasi diri dengan masyarakat sekitar usahakan juga membatasi diri dari kontak dengan orang serumah, memisahkan peralatan makan dan mandi.

    Saudara anda tidak mau melakukan isolasi mandiri mungkin dikarenakan kurang menyadari bahwa dirinya memiliki resiko tertular covid 19 selama bekerja dan juga menularkan covid 19 ke orang lain. Sehingga kami juga menyarankan kepada anda untuk coba mengajak saudara anda untuk memahami hal tersebut.

    terimakasih, semoga membantu



  • This post is deleted!

Log in to reply
 



Pengguna Online: