Karantina



  • Selamat malam min...
    Mau tanya kenapa karantina selama 14 hari hanya di terapkan kpd orang yg pulang dari perantauan (pemudik)...
    Knpa orang yg bepergian atau pulang dari zona merah,tidak di karantina ...

    Bukanya pemudik dg orang yg dari zona merah sama sama memiliki kemungkinan untuk terpapar covid 19..

    Mohon untuk pemcerhannya....


  • Relawan

    Terimakasih untuk pertanyaannya @risha , untuk peraturan saat ini, orang yang telah bepergian jauh atau mudik. Bahkan setelah bepergian dari wilayah yang merupakan zona merah, sebaiknya dilaporkan pada aparat setempat seperti RT/RW/Kepala desa/fasilitas pelayanan kesehatan setempat seperti puskesmas untuk diberikan tindakan pencegahan penyebaran vviris corona.

    Orang yang telah bepergian jauh atau setelah bepergian dari wilayah yang berzona merah, wajib melakukan isolasi mandiri selama 14 hari, apabila selama 14 hari terapat gejala covid-19 sebaiknya segera dilaporkan. Selain itu, selama 14 hari itu sellau menjaga kebersiha, ber-PHBS, makanan makanan bergizi seimbang agar imunitas tetap baik, dan selalu mencuci tangan.



  • @Relawan-Nindya apabila yg bepergian ke zona merah itu orang yg bekerja (profesi tertentu yg memerlukan mobilitas setiap hari).
    Cara karantinanya seperti apa....
    kalo harus 14 hari tidak keluar rumah mereka tidak bisa menghidupi kluarganya....


  • Relawan

    Halo sahabat sehat @risha membatu menjawab pertanyaan anda

    memang ada beberapa pekerjaan yang tidak dapat dilakukan dari rumah sehingga mengharuskan untuk keluar rumah bahkan ke zona merah. Memang berpergian di tengah kondisi seperti ini sangat beresiko. Namun ada beberapa saran sebagai langkah pencegahan yang dapat dilakukan pada kondisi yang seperti anda alami. Ketika akan berpergian upayakan bagian tubuh anda tertutup oleh pakaian atau aksesoris seperti topi untuk meminimalisir penempelan virus dibagian tubuh. Ketika berpergian atau sedang di luar rumah tetap lakukan pembatasan jarak dengan orang lain, walaupun itu teman anda, minimalisir untuk memegang benda-benda di tempat umum atau benda yang biasa digunakan bersama misal ganggang pintu. Usahakan gunakan bagian tubuh yang tertutup pakaian untuk memegang benda tersebut. Cuci tangan dengan sabun sesering mungkin atau gunakan hand sanitizer terutama ketika anda akan menyentuh bagian wajah. Jangan lupa untuk menggunakan masker ketika keluar rumah. Ketika pulang usahakan untuk langsung berganti pakaian dan mandi, upayakan sebelum mandi hindari kontak dengan anggota keluarga.

    Tetap hati-hati dan waspada jika keluar rumah

    Semoga membantu



  • @Relawan-Rufaida upya apa yang di lakukan pemerintah untuk hal ini.....??
    Kalau yg di karantina hanya pemudik sedangkan, yg mempunyai mobilitas ke zona merah tidak di karantina...
    Bukanya itu bisa menimbulkan rasa tebang pilih...??
    Dan bisa menimbulkan keresahan di masyarakat.



  • Mohon maaf min....tetangga saya habis kerja dr zona merah kmudian mudil ke kmpung halaman tp mereka tidak mau lapor n disuruh lapor malah marah2 apa yg sebaiknys kita lakukan?


  • Relawan

    Dear @meilisa
    Terimakasih atas pertanyaannya. Izinkan saya membantu menjawab

    Sebelumnya terima kasih atas kepedulian anda terhadap lingkungan tempat tinggal anda sekarang.
    Bagi seseorang yang telah melakukan perjalanan dari luar daerah diwajibkan untuk melapor ke RT/RW setempat agar dapat dilakukan pemantauan, dibutuhkan keterbukaan dan kesadaran masyarakat untuk selalu melapor jika telah melakukan perjalanan dari luar daerah.

    Saya menyarankan anda untuk mencoba memberikan pengertian kembali tentang pentingnya dilakukan pelaporan tersebut kepada tetangga anda.

    Terimakasih
    Semoga jawaban ini bisa membantu



  • Untuk keluarga yang anggotanya positive apakah tidak di karantina atau di lakukan rapidtest? Kebetulan saya kerja sebagai adminstrasi asuransi swasta dan siang td ada nasabah dtg ke kantor. Setelah saya Cek claim ya nasabah dinyatakan positif dan ibu Dr pasien datang ke kantor. Saya tanyakan apakah tidak di test? Si ibu blg tidak karena ada gejala. Jujur saya pribadi parno, karena pasien sembuh tp masih 7 hari dinyatakan sembuh. Ibu Dr pasien sdh boleh beraktifitas di luar.



  • @Relawan-Nindya slamat malam mau tanya ya mbak, kenapa orang yg bekerja di daerah zona merah boleh pulang pdhl cuma 2 hari dirumah dan masih harus kembali lagi ke tempat kerjanya itu. Sedangkan saat dirumah orang itu tdk melakukan isolasi mandiri masih bebas keluyuran dan setiap ditanya pasti marah2 gk usah ikut campur urusannya dia sedangkan sebagai tetangga pasti ada rasa khawatir tersendiri apalagi ada orang tua disekitarnya. Terima kasih


Log in to reply
 



Pengguna Online: