Melaporkan orang PULKAM dari daerah terjangkit



  • Saya ingin bertanya, untuk melaporkan orang yang bekerja dari luar daerah (dari daerah terjangkit / zona merah) lalu pulang kampung dan tidak berniat melaporkan diri ke faskes setempat karena takut stigma bagaimana ya?



  • Halo @andi, ijinkan saya untuk membantu menjawab pertanyaan anda.
    Dalam hal ini, saya lebih menyarankan Andi untuk memberikan pengertian tentang Covid-19 kepada teman Andi ini. Di karenakan informasi di luar simpang siur, maka tidak mengherankan apabila teman Andi takut akan stigma dari masyarakat yang mungkin diterima. Jadi, saya lebih menyarankan Andi melakukan langkah persuasif terhadap teman Andi ini baik dalam hal edukasi, informasi dan betapa pentingnya bagi teman Andi untuk melapor pada faskes setempat untuk keamanan dan kenyamanan dalam lingkungan sosial. Terakhir, juga berikan dukungan moril dan pujilah teman Andi ini apabila dia memutuskan untuk melaporkan dirinya ke faskes setempat.
    Tetapi, apabila teman Andi tidak melaporkan dirinya ke faskes terdekat, namun dia menjalankan isolasi diri secara mandiri, hal itu sebenarnya juga tidak masalah. Namun, alangkah lebih baiknya jika bisa melaporkan diri secara langsung ke faskes setempat.
    Akhir kata, semoga teman Andi bisa mengerti tentang kepedulian dari diri Andi , dan ingat untuk #stayathome sementara waktu (kurangi berpergian keluar jika kalau tidak perlu), pakai masker jika terpaksa keluar, hindari kerumunan, dan tetap jaga kebersihan ya 🙂 Semoga jawaban ini bisa membantu Andi dan mohon maaf apabila terdapat salah dalam kata saya 🙂



  • @Mellisa-Evelyn : Saya sudah memberikan saran untuk tidak pulang, bahkan mungkin bisa dibilang memaksa dan terakhir dia bilang bahwa dia sakit hati ke saya karena usaha mengamankan diri dan keluarganya untuk pulang kampung tidak saya hargai. Tapi sepertinya nekad ini, sepertinya dia berencana melakukan perjalanan menggunakan transportasi umum.
    Untuk melakukan isolasi diri saya juga tidak yakin, karena dia berencana dari kampung halamannya menuju kampung halaman istrinya (saya tidak tau apakah rencana awal ini dilakukan atau tidak karena sudah tidak melakukan komunikasi lagi).
    Kalau misalkan ada contact person untuk melaporkan ODP tiap kabupaten/kota di jawa timur saya rasa lebih bagus.



  • Halo @andi, Pertama-tama saya turut bersedih akan renggangnya hubungan pertemanan Andi dengan temannya. Untuk info lebih lanjut, Andi bisa mengunjungi link ini http://infocovid19.jatimprov.go.id/
    Saya mengerti kepedulian Andi terhadap temannya, juga dapat memahami posisi teman Andi dalam upaya melindungi keluarganya dari virus corona. Semoga, setelah kondisi teman Andi sudah membaik, hubungan pertemanan Andi dengan temannya juga membaik.
    Akhir kata, saya mohon maaf apabila terdapat salah dalam kata saya dan semoga jawaban ini membantu Andi 🙂



  • Halo @andi
    Terimakasih atas kepeduliannya dan saya turut bersedih atas renggangnya hubungan Andi dan teman Andi, semoga kedepannya hubungan Andi dan teman Andi dapat membaik seperti sedia kala. Perlu diketahui setiap desa/kelurahan sudah ada satgasnya, biasanya yang menjadi satgas adalah perangkat desa/kelurahan dan ponkesdes melalui bidan desa dan perawat desa. Ponkesdes merupakan perpanjangan tangan dari puskesmas di tingkat desa/kelurahan. Andi bisa melaporkan teman Andi yang ODP kepada mereka, nantinya mereka yang akan mendatangi teman Andi dan meneruskannya ke tingkat kabupaten. Semoga membantu 😊


  • Relawan

    Halo @andi terima kasih atas pertanyaan Anda ya.

    Saya relawan Eswahos izin bantu menjawab

    Dalam hal ini Anda bisa menghubungi pihak Dinas Kesehatan kab/kota Anda atau bisa juga menggunakan cara persuasif dengan tokoh masyarakat di kampung halaman Anda untuk dilakukan observasi isolasi 14 hari oleh Dinas Kesehatan setempat.

    Demikian semoga membantu dan Anda beserta teman Anda tersebut diberikan kesehatan.

    Eswahos Shofiq
    Mahasiswa Ilmu Gizi dan Dietetika


Log in to reply
 



Pengguna Online: