Cara tes



  • Menurut berita yang saya ikuti,ada yang menulis bahwasanya pasian positif korona terkadang tidak menunjukkan gejala.jadi,jika kita ingin tes korono apa harus dengan rujukan dari faskes atau dokter??


  • Relawan

    Dear @sholahudin
    Jika merasa pernah kontak erat dengan orang positif covid silahkan lapor ke fasilitas pelayanan kesehatan. Namun jika tidak dan berada di lokasi zona merah covid maka sebaikny mengisolasi diri selama 14 hari.



  • Dear @sholahudin
    Memang benar jika pasien positif corona tidak menunjukkan gejala khusus. Tetapi ada beberapa gejala yang dapat dirasakan seperti flu, batuk, serta demam. Anda dapat memeriksa keadaan anda dengan melakukan self assessment melalui link ini http://checkupcovid19.jatimprov.go.id/
    Terima kasih


  • Relawan

    Dear @sholahudin izinkan saya membantu menjawab
    Apabila seseorang terpapar virus Corona namun orang tersebut dalam kondisi memiliki daya tahan tubuh yang kuat maka orang tersebut dapat menjadi carrier covid 19 yang mana artinya orang tersebut tidak menunjukkan gejala terkena covid 19 namun ia dapat menularkannya kepada orang lain. Berdasarkan hal tersebut maka disarankan untuk melakukan physical distancing yaitu memberikan jarak 1-2 meter apabila bertemu dengan orang lain, serta menjaga kebersihan diri dengan rajin mencuci tangan. Bagi orang yang sehabis bepergian dari luar kota atau diduga melakukan kontak dengan pasien covid 19 disarankan untuk melakukan isolasi diri selama 14 hari. Anda juga dapat melakukan pemeriksaan mandiri di checkupcovid19.jatimprov.go.id . Apabila anda mengalami masalah kesehatan lebih lanjut sangat disarankan untuk melakukan pemeriksaan Kesehatan.
    Terimakasih semoga membantu


  • Relawan

    Dear @sholahudin
    Izinkan saya membantu menjawab pertanyaan saudara.

    Jika seseorang diduga terinfeksi COVID-19, maka akan mengalami gejala klinis seperti batuk, bersin, demam, dan kesulitan bernapas yang muncul setelah 2 hari, atau selama 14 hari setelah terpapar virus.

    Laman Centers for Diseases Control and Prevention menuliskan, gejala-gejala ini dapat muncul 2-14 hari setelah paparan. Namun, pada beberapa kasus, orang yang terinfeksi COVID-19 bahkan tidak menunjukkan gejala sama sekali.

    Dilansir dari laman World Economic Forum, sebanyak 6 dari 10 orang yang terinfeksi coronavirus mungkin tidak menyadari bahwa mereka memiliki penyakit ini, menurut sejumlah makalah yang mempelajari wabah tersebut.

    Orang tanpa gejala tersebut tetap dapat menjadi carrier yang membawa virus itu dan berpotensi menyebarkan ke orang lain walau virus dalam masa inkubasi.

    Terutama pada kelompok umur yang masih muda sering kali karena kondisi fisiknya, kondisi imunitasnya jauh lebih baik maka tidak memperhatikan menjaga jarak sehingga dia membawa virus ini tanpa gejala dan kemudian menularkan kepada keluarganya dan kita tahu di antara keluarga kita mungkin ada yang rentan.

    Apabila saudara baru saja kontak langsung dengan suspek, ODP ataupun PDP Covid-19, atau baru saja berpergian dari zona merah, dan saudara merasa takut mungkin terpapar dengan Covid-19, saya sarankan saudara untuk mengunjungi link ini https://checkupcovid19.jatimprov.go.id/covid19/ untuk mengetahui kondisi saudara lebih lanjut.

    #stayathome sementara waktu (kurangi berpergian keluar jika kalau tidak perlu), pakai masker jika harus keluar rumah, hindari kerumunan, dan tetap jaga kebersihan. Semoga jawaban ini bisa membantu.


Log in to reply
 



Pengguna Online: