ODP



  • Tetangga saya baru pulang dari australia apakah dia termasuk kategori ODP mhn pencerahan



  • apa sudah diperiksakan ke tenaga kesehatan ?



  • Krn ybs msh muda dandalam keadaan sehat nati kami infokan agar periksa ya dok, terimakasih



  • Sy domisili di sby,suami kerja di jkt.rencana hari ini mau pulang.aman kah dok?apa yg harus sy lakukan utk pencegahan covid19?



  • @ana-nela

    Hallo ana,
    Melihat anda dan suami anda berada di kota yang termasuk red zone, kami menyarankan anda untuk melakukan pengecekan misalnya ada gejala seperti ( batuk pilek demam), sebaiknya isolasi duru selama 14 hari

    Terima kasih



  • Dear @iwed
    Apabila dalam keadaan sehat tanpa gejala demam lebih dari3 hari, batuk, sesak dada maka lebih baik untuk tetangga anda melakukan isolasi diri dirumah melakukan pyhsical distancing (pembatasan fisik) dan menjaga imunitas.
    Segera periksa ke pelayanan kesehatan terdekat apabila mengalami gejala tersebut.
    Jangan lupa cuci tangan6 langkah, makan-makanan bergizi dan jaga diri dirumah.
    #lawancovid19
    #dirumahsaja
    #tingkatkanimunitas



  • Malam dok saya 3hari ini pilek dan tenggorokan agak sakit, badan terasa kyk demam tp belum panas cmn gk enak aja



  • Halo saudara @ian-nugrozzz jika anda terdapat gejala batuk pilek demam maka sebaiknya diperiksakan ke dokter dan lebih baik isolasi mandiri dan menerapkan physical distancing. Karena batuk pilek demam adalah indikasi imunitas tubuh yg turun, jadi sebaiknya tetap periksa, isolasi diri, makan makanan bergizi dan menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat seperti cuci tangan 6 langkah



  • Hallo, @iwed
    Perkenalkan saya Icha Nur Imami Puspita, relawan yang akan menjawab pertanyaan anda.
    Sebelumnya terima kasih atas pertanyaannya.
    Orang yang masuk dalam kategori ODP (Orang Dalam Pemantauan) itu adalah orang yang mengalami demam lebih dari 38⁰C atau riwayat demam, gejala gangguan pernafasan seperti pilek/batuk/sakit tenggorokan dan tidak ada penyebab lain berdasarkan gambaran klinis yang menyakinkan dan pada 14 hari ini belum timbul gejala memenuhi 2 kriteria, pertama memiliki riwayat perjalanan atau tinggal di luar negeri yang melaporkan transmisi lokal, kedua memiliki riwayat perjalanan atau tinggal di area transmisi lokal di Indonesia.
    Karena saat ini covid-19 merupakan pandemi sehingga seluruh negara mengalami wabah yang sama, saya rasa bisa menyarankan tetangga anda untuk mengecek kesehatannya di pelayanan kesehatan setempat ya untuk mengetahui kondisinya kesehatannya lebih lanjut.
    Semoga bermanfaat đŸ™đŸ»


  • Relawan

    Halo selamat pagi @ian-nugrozzz
    Perkenalkan saya Catur adi saputra relawan yang membantu menjawab pertanyaan anda.
    Jika anda terdapat gejala pilek , deman dan tenggorokan terasa sakit selama 3 hari mohon untuk memeriksakan diri di RS dan mengisolasi diri serta menerapkan hidup sehat makan dan minum bergizi dan jangan lupa untuk selalu cuci tangan istirahat yang cukup agar imun kita tetap terjaga dan tidak menurun sehingga kita bisa sehat kembali


  • Relawan

    Dear @ana-nela,

    Kondisi saat ini anda dan suami anda berada di zona merah. Untuk mencegah penularan lakukan physical distancing terlebih dahulu, isolasi diri di rumah selama 14 hari, konsumsi makanan bernutrisi dan vitamin, berjemur 10-15 menit dirumah, olahraga min 30 menit dirumah.



  • @ana-nela : Kalau pulang dengan kendaraan pribadi kemungkinan besar masih aman, tetapi hendaknya melaporkan diri ke faskes setempat serta melakukan physical distancing dan isolasi dahulu selama 2-3 minggu. Dan selama itu pula jangan lupa makan makan bergizi dan menjaga pola tidur dan tingkat stress

    Terima Kasih


  • Relawan

    Halo @ian-nugrozzz.
    Izinkan saya membantu menjawab pertanyaan saudara.

    Orang yang terjangkit Covid-19 ini sendiri memiliki gejala seperti flu. Dimana saat sebelum flu menyerang, terkadang beberapa orang bisa mengalami gejala yang sama seperti yang saudara rasakan. Beberapa studi mengatakan bahwa jika seseorang diduga terinfeksi COVID-19, maka akan mengalami gejala klinis seperti batuk, bersin, demam, dan kesulitan bernapas yang muncul setelah 2 hari, atau selama 14 hari setelah terpapar virus.

    Apabila saudara baru saja kontak langsung dengan suspek, ODP ataupun PDP Covid-19, atau baru saja berpergian dari zona merah, dan saudara merasa takut mungkin terpapar dengan Covid-19, saya sarankan saudara untuk mengunjungi link ini https://checkupcovid19.jatimprov.go.id untuk mengetahui kondisi saudara lebih lanjut.

    #stayathome sementara waktu (kurangi berpergian keluar jika kalau tidak perlu), pakai masker jika harus keluar rumah, hindari kerumunan, dan tetap jaga kebersihan. Semoga jawaban ini bisa membantu.



  • Selamat pagi Dokter
    saya ada gejala batuk, pilek, demam cuma suhu tubuh 36,4 dan agak sesak
    sudah ke faskes kesehatan dan diberikan obat batuk, pilek, vitamin dan radang
    dari gejala gejala tersebut saya dikategorikan seperti apa ya dok?
    lalu penanganannya seperti apa?


  • Relawan

    Halo @Dyar-Sasmito.
    Izinkan saya membantu menjawab pertanyaan saudara.

    Orang yang terjangkit Covid-19 ini sendiri memiliki gejala seperti flu. Beberapa studi mengatakan bahwa jika seseorang diduga terinfeksi COVID-19, maka akan mengalami gejala klinis seperti batuk, bersin, demam, dan kesulitan bernapas yang muncul setelah 2 hari, atau selama 14 hari setelah terpapar virus.

    Pada gejala Covid-19 ini terlihat mirip dengan flu maupun pilek biasa. Sehingga untuk mendiagnosisnya, diperlukan keterangan riwayat bepergian atau kontak dengan orang yang berasal dari wilayah paparan virus. Tidak hanya itu, tes laboratorium berupa spesimen juga dibutuhkan.

    Apabila saudara baru saja kontak langsung dengan suspek, ODP ataupun PDP Covid-19, atau baru saja berpergian dari zona merah, dan saudara merasa takut mungkin terpapar dengan Covid-19, saya sarankan saudara untuk mengunjungi link ini https://checkupcovid19.jatimprov.go.id/covid19/ untuk mengetahui kondisi saudara lebih lanjut.

    #stayathome sementara waktu (kurangi berpergian keluar jika kalau tidak perlu), isokasi diri dirumah selama 14 hari, pakai masker jika harus keluar rumah, hindari kerumunan, dan tetap jaga kebersihan. Selain itu terapkan social distancing (menjaga jarak dari kerumunan) dan physical distancing (menjaga jarak fisik antar manusia) atau dihindari bukan kerumunan saja.
     Semoga jawaban ini bisa membantu.



  • Halo @Dyar-Sasmito ijinkan saya menjawab pertanyaan anda untuk sementara ya.
    Anda mengalami gejala batuk, pilek, dan agak sesak. Memang gejala ini seperti Covid-19, tapi belum tentu juga. Hal ini di karenakan, suhu tubuh Dyar masih termasuk normal, yakni 36,4 derajat Celsius. Suhu tubuh normal manusia sendiri antara lain (36-37 derajat Celcius). Kalau di kategorikan, Dyar belum tentu masuk ke dalam kategori apapun. Karena, saya tidak mengetahui lebih lanjut apakah Dyar pernah kontak langsung dengan suspek, ODP ataupun PDP. Atau mungkin pernah atau tinggal di daerah zona merah. Tetapi, berhubung Dyar sendiri sudah pergi ke faskes terdekat, saya sarankan kepada Dyar untuk mempercayakan kondisi Dyar dan penanganan yang di berikan oleh tenaga kesehatan di faskes tersebut.
    Dan juga, Dyar boleh mencoba untuk melakukan gerakan olahraga kecil atau senam kecil selama berada di rumah, untuk menjaga kondisi tubuh Dyar tetap fit.
    Akhir kata, saya doakan semoga kondisi Dyar membaik, dan juga, #stayathome, pakai masker jika harus keluar rumah, hindari keramaian, dan tetap jaga kebersihan :). Mohon maaf apabila terdapat salah dalam kata saya. Semoga membantu ya :)
    Untuk checkup mandiri, Dyar juga bisa mengunjungi link ini http://checkupcovid19.jatimprov.go.id



  • @Relawan-Cindy-M Terima kasih banyak untuk jawabannya Mbak Cindy
    Sangat membantu saya dalam hal ini



  • @Mellisa-Evelyn Baik terima kasih banyak mbak Mellisa utk saran dan masukannya
    saya akan lebih sering berolah raga, karena saya memang jarang berolah raga
    Aamiin
    semoga kita sesuai selalu sehat dengan jaga pola makan dan istirahat


Log in to reply
 



Pengguna Online: