Sesak nafas sampai tenggorokan ada yg mengganjal



  • Mau tanya, apa sy seperti gejala covid-19
    Sy hampir 2 minggu lebih merasakan sesak nafas sampai tenggorokan atas ada yg mengganjal, sudh periksa ke dokter katanya sy GERD . Sudh konsumsi obat tidak mereda . Mulut pahit sekali . Knp ya ?


  • Relawan

    Halo @faiqotul

    Mulut terasa pahit kemungkinan efek samping dari obat yang anda konsumsi, jika dirasa tak kunjung membaik segera ke Fasilitas Kesehatan terdekat ya dan terapkan beberapa upaya seperti physical distancing, minum air putih 8 gelas perhari, makan makanan bergizi dan seimbang, cukup tidur 7-8 jam perhari, jangan panik dan hindari stress, olahraga ringan minimal 30 menit perhari, terapkan etika batuk dan bersin, rajin cuci tangan dengan sabun dan air mengalir, serta perilaku hidup bersih dan sehat lainnya. Jika sakit dengan gejala ringan silakan isolasi mandiri di rumah. Jika sakit dengan gejala berat silakan kunjungi fasilitas layanan kesehatan terdekat.

    Demikian semoga dapat membantu dan Anda sekeluarga diberikan kesehatan selalu.

    Deteksi dini covid-19 dapat melalui
    https://checkupcovid19.jatimprov.go.id/covid19/

    Info lengkap kunjungi infocovid19.jatimprov.go.id



  • Tenggorokan sakit sekali sampai ke ketelinga . Tp sy gak demam, gak batuk dan gak pilek . Knp ya ?


  • Relawan

    Halo @faiqotul

    Anda tidak perlu panik ya Kemungkinan hanya infeksi saluran pernapasan 😊



  • @faiqotul hai kakak apakah dahulu sebelum merebaknya virus Corona anda memiliki gejala sesak nafas? Kalau ada mungkin itu gejala yg sama seperti dulu tapi kalau tidak punya gejala seperti itu,mungkin saja kakak merasakan sesak nafas karena kepanikan berlebihan seperti saya dan pada akhirnya sesak napas tapi dalam jangka waktu beberapa hari sudah normal. mohon untuk isolasi mandiri Dirumah dan meminum obat yg diresepkan kalau obatnya membuat mulut pahit itu memang akibat obat bukan COVID 19 dan kalau boleh tau berapa umur nya?



  • Kalo cara bedakan sesak nafas karna gejala Covid dgn asma alergi gmn yaa?


  • Relawan

    Dear @Linda-Agustina
    Terimakasih atas pertanyaannya. Izinkan saya membantu menjawab

    Perbedaan sesak nafas pada gejala covid-19 dan gejala asma :
    "Kalau asma ketika mengeluarkan udara dari paru-paru rasanya berat, butuh tenaga ekstra. Kalau karena virus kita napas biasa saja kita udah berat," jelas pakar gaya hidup sehat dr Reisa Broto Asmoro saat siaran langsung dengan Mother & Baby di media sosialnya, Selasa (23/3/2020).
    Untuk lebih meyakinkan, Reisa mengatakan diperlukan tes oleh tenaga medis. Selain itu, sesak napas bukan satu-satunya gejala dari Covid-19.

    Walau begitu, tubuh manusia memiliki kemampuan untuk mengalahkan virus. Karena virus bersifat self limiting disease, kata Reisa. Virus akan mati oleh antibodi setelah kurun waktu tertentu antara 14 sampai 21 hari.

    "Namun perlu diingat kondisi tiap orang berbeda, antisipasi lebih banyak. Nah, efek yang ditimbulkan berbahaya kalau ada penyakit penyerta yang berefek komplikasi," ucapnya.

    Sumber: https://www.suara.com/health/2020/03/24/172820/sama-sama-sesak-napas-apa-bedanya-gejala-asma-dengan-gejala-covid-19

    Terimakasih
    Semoga jawaban ini bisa membantu



  • Saya sudah kurang lebih 1 bulan batuk kering, pilek. Rasanya dahak di tenggorokan g bisa keluar sampai jadi mau muntah dan susah bernafas. Badan saya juga seperti pegal-pegal. Dahak nya juga g bisa hilang-hilang, padahal saya sudah bolak balik minum obat. Apakah saya harus ke RS terdekat atau melanjutkan isolasi mandiri? Terima kasih sebelumnya



  • @oekie_arman
    Karena udah 1 bulan, lbih baik konsultasi ke Yankes terdekat, ndak usah ke RS rujukan dulu.
    Misalnya ke Puskesmas, tapi usahakan pagi karena jam kerja puskesmas diperpendek.



  • @fajrss baik, Terima kasih



  • saya mau tanya, saya kan ada ispa dan alergi asap rokok. rasanya tenggorokan saya tertekan ketika menarik napas. apalagi ketika tarik napas agak panjang. itu kenapa ya


  • Relawan

    Halo selamat siang sahabat sehat @feyary membantu menjawab pertanyaan anda

    Mohon maaf kami tidak bisa menyimpulkan tentang kondisi anda. Saran kami, sebaiknya anda memerisakan kondisi anda ke dokter atau berkonsultasi secara online di situs situs yang mnyediakan layanan tersebut.

    Sekian, semoga membantu


Log in to reply
 



Pengguna Online: