Handsanistizer buatan rumah



  • Apa benar handsanistizer dapat dibuat dirumah? Jika iya, apa saja bahan yang digunakan?



  • Kemarin saya baca dg alkohol 96% dan air. Dg rumus m1v1=m2v2
    Tapi utk menjelaskannya bukan kapasitas saya


  • Relawan

    Dear @Fuad
    Terimakasih atas pertanyaanya, izinkan saya membantu. Untuk saat ini memang ada guidelines yang diberikan oleh WHO untuk membuat handsanitizer berbahan dasar alkohol sendiri, namun guidelines tersebut diperuntukkan untuk area yang sangat kekurangan air sehingga menjadi kendala untuk melakukan cuci tangan.

    WHO tetap lebih menyarankan untuk mencuci tangan dengan sabun dibandingkan menggunakan handsanitizer berbahan dasar alkohol.

    Lagipula, jika membuat sendiri dirumah seringkali kita tidak bisa menjamin kesterilan atau kepresisian bahannya sehingga malah ditakutkan berkurangnya keefektifan dari handsanitizer tersebut.

    Salam


  • Dokter

    Dear @Fuad
    Benar, namun tidak dianjurkan. Karena jika pembuatannya tidak steril itu tidak akan memberi manfaat pada hand sanitizer yang bapak buat dan lebih bagus cuci tangan memakai sabun daripada memakai hand sanitizer


  • Relawan

    Halo @Fuad
    Handsanitizer bisa buat dirumah? Bisa bisa aja kalo memang ada bahannya kok tetapi handsanitizer sebaiknya digunakan saat kondisi tertentu misal pada tempat yang kekurangan air bersih / sulit dijumpai, jika sedang dirumah saya menyarankan lebih baik cuci tangan 6langkah dengan sabun dibawah air mengalir hal ini lebih efektif untuk membunuh kuman,
    Lalu bahannya apa saja ? Dilansir dari laman CDC, hand sanitizer harus mengandung setidaknya 60 persen alkohol untuk bekerja secara efektif.
    Proses pembuatan hand sanitizer juga dibutuhkan tingkat ketelitian yang tinggi ketika mencampurkan bahan-bahan untuk menghasilkan hand sanitizer dengan kandungan alkohol yang tepat dan bebas dari kuman.

    Semoga jawaban ini membantu yaa

    Dara Safira Mellyana A.P
    Mahasiswa Keperawatan



  • Terima kasih untuk jawabanya. Setidaknya saya paham.🙏



  • Ada beberapa informasi di medsos yang mengabarkan jika hand sanitizer bisa dibuat dengan mencampurkan alkohol dengan aloe vera gel, lalu saya sempat tau ada yg menjual hand sanitizer dg komposisi tsb.. lalu apakah hand sanitizer tsb aman dan dapat berfungsi sebagaimana mestinya?


  • Relawan

    Selamat Malam, Salam Sehat Indonesia!
    Dear @Retno-Palupi
    berdasarkan klaim tersebut bahwa dengan mencampurkan alkohol dan aloe vera gel sebagai pengganti antiseptik untuk pencegahan COVID-19 masih belum dapat dibuktikan. Formula tersebut belum melalui tahap pembuktian dan pengujian efektivitas dalam membunuh virus Corona Covid19. jadi sebaiknya anda menggunakan hand sanitizer yang sudah teruji klinis dan memiliki kode BPOM.
    untuk informasi lebih lanjut bisa cek di link ini ya
    infocovid19.jatimprov.go.id/

    salam



  • @Relawan-Emmil baik terimakasih


  • Relawan

    @Relawan-Dara-S
    Trmksh atas saran & informasinya.
    Smoga wabah ini segera berlalu.



  • kalo disinfektan bahannya apa dan cara menggunakannya apakah hanya disemprot. amankah bagi alat elektronik ??


  • Relawan

    Selamat Siang, Salam Sehat Indonesia!
    dear @ahmadkediri
    penggunaan desinfektan pada benda memang dianjurkan untuk saat ini. larutan desinfektan lebih efektif untuk mencegah timbulnya bakteri dan mikroorganisme pada permukaan benda mati. sasaran desinfeksi antara lain; lantai, dinding, meja, kursi, dan lain lain. selain itu desinfeksi juga harus dilakukan pada permukaan benda yang sering disentuh seperti; handphone, remote tv, keyboard komputer, dsb. jangan lupa untuk menggunakan APD (Alat Perlindungan Diri) seperti masker, dan sarung tangan sekali pakai sebelum melakukan desinfeksi.
    informasi selengkapnya bisa di cek disini ya
    infocovid19.jatimprov.go.id/

    salam



  • Apakah bisa menggunakan produk berbahan benzalkonium chloride sebagai sanitizer ? Dikarenakan kelangkaan sanitizer berbahan alkohol



  • Assalamualaikum min, semoga kita selalu diberi kesehatan dan keselamatan oleh Tuhan YME

    Mau nanya, saya kemaren batuk an skrng alhamdulillah sembuh, nah yg pilek ini gk sembuh sembuh hampir lama sekali min padahal riwayat saya tidak pernah keluar rumah (jika tidak penting) apalagi keluar kota, kemaren juga tes covid19 di RS setempat alhamdulillah negatif..

    Mungkin mimin tau gejala saya min?


  • Relawan

    Halo @Firman terima kasih atas pertanyaan Anda

    Jika Anda mengalami flu yang tak kunjung membaik lebih dari 2 minggu, saya sarankan untuk periksa ke fasilitas layanan kesehatan terdekat ya...

    Sekarang dimulai dari Anda untuk dapat melakukan beberapa upaya seperti physical distancing, minum air putih 8 gelas perhari, makan makanan bergizi dan seimbang, cukup tidur 7-8 jam perhari, jangan panik dan hindari stress, olahraga ringan minimal 30 menit perhari, terapkan etika batuk dan bersin, rajin cuci tangan dengan sabun dan air mengalir, serta perilaku hidup bersih dan sehat lainnya.

    Demikian semoga dapat membantu dan Anda sekeluarga diberikan kesehatan selalu.

    Deteksi dini covid-19 dapat melalui
    https://checkupcovid19.jatimprov.go.id/covid19/

    Info lengkap kunjungi infocovid19.jatimprov.go.id

    Salam... 🙂

    Eswahos



  • @Relawan-Eswahos oke terima kasih


  • Relawan

    Terima kasih kembali @Firman

    Jika ada pertanyaan silakan tanyakan kembali ya...^^



  • Apakah keringat dari orang positif covid 19 itu dapat mengandung virus?



  • Dear @Fuad

    Mohon ijin menjawab
    Sampai saat ini beberapa jurnal riset menyebutkan bahwa penyebaran COVID-19 hanya melalui droplet (air liur) pasien. Droplet ini bisa berada/menempel di tangan, pakaian dan benda-benda disekeliling kita dan dimohon untuk tidak menyentuh area wajah. Oleh karena itu dimohon untuk warga sering melalukan cuci tangan dan menerapkan etika batuk serta meningkankan imun.

    Semoga membantu
    Terimka kasih


  • Relawan

    Halo @madger.
    Izinkan saya membantu menjawab pertanyaan saudara.

    Memang ada beberapa jenis hand sanitizer, salah satunya yang berlabel 'bebas alkohol'. Ada beberapa produk jenis ini  yang mengganti alkohol dengan benzalkonium chloride sebagai bahan aktifnya.

    Namun, Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) AS mengatakan pembersih tangan tersebut mungkin tidak bekerja dengan baik untuk banyak jenis kuman, atau mungkin hanya mengurangi pertumbuhan daripada membunuhnya.

    Sebelumnya CDC sempat mengatakan bahwa hand sanitizer yang cukup efektif adalah yang mengandung setidaknya 60% alkohol.

    Sedangkan pembersih tangan yang hanya memiliki benzalkonium chloride tidak diketahui akan bekerja pada kuman yang mana.

    Tetapi, spesialis penyakit menular dari University of Chicago Medicine, Emily Landon, mengatakan adanya kandungan benzalkonium chloride lebih baik daripada tidak sama sekali. Ia mengakui bahwa kandungan tersebut tidak sebagus alkohol karena tidak tahu tentangnya. Produk berbasis alkohol sebagai pilihan pertama untuk pembersih tangan pada daerah atau area yang sangat kekurangan air sehingga menjadi kendala untuk melakukan cuci tangan.

    Menurut WHO, Cuci Tangan 6 langkah dibawah air mengalir dengan sabun lebih disarankan dibanding menggunakan hand sanitizer baik itu berbahan dasar alkohol maupun benzalkonium chloride.

    Semoga jawaban ini dapat membantu.


Log in to reply
 



Pengguna Online: