Apakah ini termasuk gejala covid-19?



  • Selamat malam dok, saya perempuan berusia 24th, minggu pertama saya mengalami radang tenggorokan, meriang, kemudian flu, dan agak batuk tapi jarang, pada minggu pertama saya sdh periksa pada puskesmas terdekat, kata dokter tdk perlu cek darah krn sudah seminggu mungkin sdh akan sembuh, dan hanya diberi obat flu dan batuk, pusing, dan antibiotik.
    Setelah semua obat saya habis, saya masih agak batuk2 kering tetapi tdk parah/sedang, dan flu saya seperti hidung tersumbat dan hidung mbeler sudah sembuh.
    Tetapi skrg masih batuk2 kering dan agak sesak nafas sedikit.
    Apakah itu merupakan gejala covid?



  • Halo @ayu , ijinkan saya membantu untuk menjawab pertanyaan anda untuk sementara ya.
    Pertama- tama, apakah Ayu sebelum mengalami gejala ini ada berkontak langsung dengan suspek, ODP ataupun PDP? Kalau tidak, apakah Ayu ada sempat berpergian ke atau tinggal di salah satu cluster yang terpapar dengan Covid-19?
    Apabila tidak ada, kemungkinan Ayu terkena Covid-19 sangat kecil. Akan tetapi, akan lebih baik kalau Ayu bisa mencoba tes mandiri di web ini http://checkupcovid19.jatimprov.go.id/ untuk mengetahui lebih lanjut tindakan yang harus Ayu lakukan selanjutnya. Karena, bukan wewenang saya di forum ini untuk menentukan diagnosis untuk saat ini. Saya hanya bisa menyarankan Ayu untuk menuju ke link tersebut untuk memastikan lebih lanjut saja.
    Saya juga menyarankan Ayu untuk melakukan juga melakukan gerakan olahraga kecil atau senam selama di rumah untuk menjaga kondisi tubuh Ayu tetap fit.
    Akhir kata, saya doakan semoga kondisi Ayu membaik, dan ingat untuk #stayathome sementara waktu (kurangi berpergian keluar jika kalau tidak perlu), hindari kerumunan, dan tetap jaga kebersihan ya 🙂 Semoga jawaban ini bisa membantu Ayu dan mohon maaf apabila terdapat salah dalam kata saya 🙂



  • @ayu
    Dear Ayu,
    Selamat malam. Perkenalkan, saya Dilruba. Saya akan membantu menjawab pertanyaan Saudari.
    Apakah sebelumnya saudara terdapat riwayat ke luar negeri atau kota terjangkit selama 2 minggu terakhir?
    Kemudian apakah pernah melakukan kontak atau dekat dengan seseorang dengan Covid-19 (kemungkinan atau dikonfirmasi) saat mereka sakit (batuk, demam, bersin atau sakit tenggorokan)?
    Karena perlu dipastikan beberapa riwayat sebelumya juga seperti yg diatas.
    Saudara Ayu juga bisa melakukan deteksi dini secara online melalui http://checkupcovi19.jatimprov.go.id untuk mendapat saran tindak lanjut.
    Karena untuk memastikan hasilnya positif terkena covid-19 atau tidak harus melalui beberapa tes, seperti tes darah atau dahak.
    Terima kasih
    Semoga membantu
    #salam



  • Dear @ayu

    selamat malam kak.
    mohon ijin menambahkan
    saat ini maraknya beberapa penyakit paru yang menular tidak hanya covid-19 saja sebagai contoh TBC dll
    saran saya untuk segera memeriksakan kembali ke faskes pertama terdekat apabila obat yang diberikan sudah habis dan apabila dalam 2 minggu ini keluhan yang dirasa tidak kunjung membaik sebaiknya untuk ke faskes pertama kembali untuk dilakukan tes-tes lain seperti dahak dan lain-lain
    untuk saat ini lebih baik saurada mengikuti saran yang diberikan diatas untuk menjaga kestabilan kondisi dan tetap tenang karena apabila mindset kita yang selalu khawatir ditakutkan akan berdampak pada tubuh. namun bila mindset kita ingin sembuh dapat menurunkan gejala-gejala yang dirasa
    semoga membantu
    semoga saudara lekas sembuh

    terima kasih


Log in to reply
 



Pengguna Online: