ODR



  • ODR atau orang dalam resiko,istilah ini muncul di tingkat daerah,sedangkan tingkat Nasional belum ada perhitungan nya,setahu saya ODR adalah orang yang baru datang dari daerah terjangkit,tapi tidak kelihatan sakit,dan harus mengkarantina diri selama 14 hari, misal suatu kasus ,saya orang Batu dan istri kerja di Malang,sedangkan Malang adalah daerah terjangkit,tiap hari saya antar jemput,dan saat ini istri tetap bekerja,yang ingin saya tanyakan,saya dan istri apakah termasuk ODR ,dan apakah harus dirumahkan selama 14 hari?sedangkan ditempat kerja istri tidak ada perintah untuk kerja di rumah..mohon pencerahannya..terima kasih..



  • Halo @Mr-Penyet ijinkan saya untuk menjawab pertanyaan anda untuk sementara ya.
    Untuk sementara, pemerintah memang menyarankan kepada perusahaan-perusahaan besar untuk mulai melaksanakan WFH (Work from Home). Namun, tentunya terdapat beberapa jenis perkerjaan tentunya tidak bisa di lakukan dari jarak jauh. Oleh karena itu, tentang keharusan untuk dirumahkan selama 14 hari, tentu perlu apabila, anda dan istri anda sudah dihimbau oleh perusahaan untuk mulai berkerja dari rumah. Namun, apabila perusahaan istri anda memang belum menyarankan untuk WFH atau memang perkerjaan istri anda merupakan perkerjaan yang bisa di lakukan dari jarak jauh, maka disarankan anda berserta keluarga anda untuk menjaga kebersihan dan kesehatan tubuh yang bisa dilakukan dengan cara sebagai berikut :

    1. Pastikan memakai masker dengan benar ketika keluar rumah.
    2. Hindari berjabat tangan.
    3. Jaga jarak
    4. Hindari menyentuh wajah dengan tangan yang belum dicuci.
    5. Mencuci tangan dengan sabun ataupun hand sanitizer sebanyak 7 langkah seperti yang di sarankan oleh WHO
    6. Ketika kembali ke rumah sepulang dari tempat kerja, lepaskan sepatu di luar rumah, cuci tangan, mandi dan berganti pakaian.
    7. Jangan lupa untuk tetap melakukan gerakan olahraga kecil atau senam saat terdapat waktu untuk tetap menjaga kondisi tubuh anda fit
    8. Makan makanan yang sehat.

    Akhir kata, semoga jawaban saya bisa membantu beberapa pertanyaan anda. Dan saya mohon maaf apabila terdapat salah dalam kata saya.


  • Relawan

    Halo @Mr-Penyet.
    Izinkan saya membantu menjawab pertanyaan saudara.

    Mengingat Kota Malang telah menjadi salah satu kota terjangkit Covid-19.

    Perlu dipahami oleh masyarakat, kondisi saat ini Kota Malang itu memang masuk daerah terjangkit Covid-19. Artinya siapa saja yang berada di daerah Kota Malang, masuk ke Kota Malang semua bisa mempunyai yang disebut sebagai ODR.

    Sebagai seorang yang berstatus ODR dan berada di Kota Malang kemudian mengalami gejala-gejala saluran pernapasan akut seperti batuk, pilek atau flu, sakit tenggorokan maka bisa masuk kategori ODP.

    Untuk menerapkan social distancing (menjaga jarak dari kerumunan) dan physical distancing (menjaga jarak fisik antar manusia) atau dihindari bukan kerumunan saja.

    Sementara itu apabila saudara tidak dapat mengisolasi diri dengan berdiam diri di rumah akibat berbagai kendala, guna mencegah penyebaran virus corona atau COVID-19, pemerintah bahkan telah mengeluarkan sejumlah protokol dan pedoman yang dapat dilakukan. Salah satunya Protokol Kedatangan Sampai di Rumah Dari Bepergian. Protokol ini turut disosialisasikan oleh Kementerian Dalam Negeri melalui situs resminya. Setidaknya ada 7 langkah yang harus dilaksanakan masyarakat sesaat sebelum memasuki rumah setelah beraktivitas di luar.

    1. Membuka sepatu di depan pintu sebelum memasuki rumah.

    2. Tuangkan atau semprotkan alkohol disinfektan pada sepatu yang baru saja digunakan.

    3. Disinfektan juga bisa diaplikasikan pada pakaian, ponsel, kacamata, kunci, perangkat kerja, laptop, dompet, dan benda-benda lainnya seperti kartu e-money yang digunakan untuk transportasi umum.

    4. Membuang tanda terima pembelian, kuitansi, bon-bon, kertas-kertas yang bisa dibuang.

    5. Ingat, jangan menyentuh apapun, tubuh Anda kemungkinan masih membawa bakteri atau virus dari luar rumah.

    6. Jangan lupa mencuci tangan hingga bersih menggunakan sabun dan air mengalir.

    7. Masyarakat juga diimbau untuk membuka pakaian dan langsung tempatkan pakaian kotor tersebut di keranjang khusus, atau dimasukkan ke dalam mesin cuci

    8. Jangan lantas duduk di kursi atau tempat tidur. Sebaiknya Anda langsung membersihkan diri (mandi). Barulah bisa dikatakan aman untuk bercengkerama dan bermain bersama keluarga

    Demikian, semoga membantu. #dirumahaja


Log in to reply
 



Pengguna Online: