Pemakaman korban covid-19



  • Saya ada beberapa pertanyaan perihal pemakaman korban covid-19, apakah di campur ke pemakaman umum? Jika iya, pemakaman pasti sudah melalui proses protokol pengamanan yg sangat ketat. Saya hanya memastikan apakah kantong jenazah yg menggunakan material plastik dan tidak tembus air dapat terurai oleh mikroba pengurai? Berapa lama perkiraan? Jika dimungkinkan lubang pemakaman di gunakan kembali.

    Terima kasih.


  • Relawan

    Kepada @alvin

    Saya Relawan Dhana, Izinkan saya untuk menjawab.

    Boleh dimakamkan di pemakaman umum akan tetapi lokasi pemakaman diatur untuk berjarak setidaknya 500 meter dari pemukiman dan 30 meter dari sumber air tanah yang digunakan untuk minum, sehingga sumber air tidak akan terkontaminasi virus. Semua langkah-langkah pemakaman jenazah penderita COVID-19 telah diatur dengan jelas dan rinci oleh pemerintah untuk memastikan tidak adanya kemungkinan penularan dari jenazah ke orang yang masih hidup. Penggunaan plastik juga sebagi bentuk antisipasi agar tidak ada cairan dari tubuh jenazah yang bocor serta untuk melindungi petugas pemakaman. Virus corona juga akan ikut mati ketika jenazah sudah dimakamkan. Jadi anda tidak perlu khawatir terkait hal ini. Yang perlu dikhawatirkan justru pada orang-orang yang masih melakukan aktivitas, khususnya di luar rumah dan keramaian. Agar tidak tertular COVID-19, lakukan langkah pencegahan dengan menerapkan physical distancing, rajin mencuci tangan, makan makanan bergizi, rutin berolahraga, dan istirahat yang cukup serta jangan lupa untuk tetap di rumah aja.

    Demikian semoga jawaban saya dapat membantu. Terima Kasih.


  • Relawan

    Halo @alvin
    Tidak perlu khawatir ya selama melakukan protokol sesuai @RelawanDhana sampaikan.

    Virus merupakan mahluk yang tidak bisa hidup tanpa sel inang(contohnya manusia). Ketika seseorang mati. Virus akan ikut mati bersama dengan orangnya sesegera mungkin. Jadi aman apabila dipakai untuk jenazah selanjutnya beberapa tahun lagi... :)

    Terima kasih


Log in to reply
 



Pengguna Online: