Tanya gejala COVID 19



  • Mau tanya untuk gejala bantuk tenggorokannya seperti apa yg spesifik pada pasien positif...?


  • Relawan

    Halo @dwiagung

    Saya Relawan Dhana, Mohon izin untuk menjawab.

    Gejala pasien positif covid-19 yang paling umum adalah batuk kering, pilek dan nyeri pada tenggorokan disertai demam. Namun banyak orang yang teridentifikasi covid-19 namun mengalami gejala ringan atau bahkan tidak mengeluh sakit yg dikenal sebagai OTG (Orang Tanpa Gejala). Untuk itu tetap di rumah aja. Jangan panik dan selalu terapkan pola hidup sehat, agar kita senantiasa terjaga.

    Demikian semoga jawaban saya dapat membantu. Terima Kasih.



  • Assalamualaikum wr wb ..
    Izin bertanya kak , apakah pasien sembuh COVID-19 bisa berpotensi menularkan atau tertular kembali ???
    Terimakasih ..



  • Assalamualaikum..

    Mau nanya.. kalau demam flu dan dahak tidak disertai batuk apakan bisa menjadi tanda" covid-19?


  • Relawan

    @frita Wa'alaikumsalam

    Selamat Pagi, Sahabat Sehat @frita

    Izin menanggapi pertanyaan Anda.
    Gejala klinis yang tampak akibat terpapar Covid-19 adalah demam, batuk kering, gangguan saluran pernafasan, atau sesak.

    Demam disini, sifatnya naik turun selama beberapa hari, sehingga sering terkecoh seperti gejala DB dengan pola pelana kuda. Apabila Anda mengalami gejala seperti yang Anda keluhkan, Anda bisa melakukan istirahat yang cukup, makan cukup dengan gizi lengkap dan seimbang yang mengandung vitamin dan mineral, minum air putih cukup sebanyak 8 gelas/hari, berjemur di pagi hari sekitar pukul 9-10 pagi selama 15 menit.
    Jika dengan tatalaksana tersebut Anda masih mengalami demam, maka obat-obatan yang boleh Anda konsumsi adalah PARACETAMOL 500mg (tablet). Cukup konsumsi obat tersebut disaat Anda demam, namun apabila demam sudah reda, maka STOP konsumsi/penggunaan obat.

    Sekian, semoga membantu.


  • Relawan

    Halo @Ardiyanti-Venia

    Saya Relawan Dhana, Mohon Izin untuk menjawab.

    Kutipan di sebuah jurnal online yang diterbitkan American Thoracic Society dengan penelitiannya terhadap 16 pasien Covid-19 yang dirawat di Treatment Center of PLA General Hospital di Beijing menyebutkan bahwa "Temuan paling signifikan dari penelitian kami adalah setengah dari pasien ini terus melepaskan virus bahkan setelah gejala mereka sembuh". Akan tetapi di akhir jurnalnya menyebutkan "Penelitian lebih lanjut masih diperlukan untuk menyelidiki apakah virus yang terdeteksi PCR real-time mampu menular pada tahap selanjutnya dari infeksi Covid-19". Untuk reinfeksi pada pasien yg sudah sembuh juga perlu penelitian lebih lanjut. Anda tidak perlu khawatir dengan hal ini. Pemerintah telah menetapkan protokol bagi pasien yg sudah benar benar dinyatakan sembuh diantaranya hasil tes swab menunjukan hasil negatif sebanyak 2 kali dan setelah pulang dari rumah sakit pasien harus melakukan isolasi mandiri selama 14 hari tentunya jg dengan protokol perawatan selama di rumah untuk memastikan pasien benar-benar sembuh dan tidak menularkan kepada yg lain.

    Demikian semoga jawaban saya dapat membantu. Terima Kasih.
    Referensi :
    De Chang, Guoxin Mo,. 2020. Time Kinetics of Viral Clearance and Resolution of Symptoms in Novel Coronavirus Infection[diunduh 16 April 2020] Tersedia pada:https://www.atsjournals.org/doi/pdf/10.1164/rccm.202003-0524LE


  • Relawan

    @Ardiyanti-Venia Wa'alaikumsalam.

    Selamat Pagi, Sahabat Sehat @Ardiyanti-Venia

    Izin menjawab ya.
    Benar. Pasien positif covid-19 yang telah dinyatakan sembuh maka masih bisa menularkan virus kepada orang lain. Oleh karena itu, pada pasien-pasien tersebut hendaknya tetap melakukan prinsip-prinsip pencegahan penularan Covid-19 seperti tetap menggunakan masker, menerapkan etika batuk dan bersin yang benar, itetap menjaga jarak dan prinsip pencegahan penularan lainnya yang direkomendasikan oleh Kementerian Kesehatan.

    Hal tersebut tentu akan berdampak baik menularkan maupun tertular virus covid-19 kembali, jika tidak patuh pada protokol yang telah ditetapkan.
    Disarankan pasien yang sudah sembuh tetap isolasi mandiri dan menjaga daya tahan tubuh sehingga sistem imunnya optimal.

    Sekian, semoga membantu. Jika masih ada yang kurang jelas dalam penjelasan, maka relawan lain yang akan menambahkan.

    Stay safe and stay healthy ya !



  • This post is deleted!

Log in to reply
 



Pengguna Online: