Rapid test



  • Apakah saya, apabila merasa memiliki gejala,bisa langsung datang atau meminta rapid test? Ke mana saya meminta?


  • Relawan

    Hai @kristianto terimakasih atas pertanyaannya.
    Sebaiknya isolasi mandiri terlebih dahulu selama 14 hari, namun apabila masih ada tanda dan gejala mirip seperti COVID-19 maka segera laporkan pada fasilitas pelayanan kesehatan setempat untuk dilakukan penanganan, yakni ke puskesmas terlebih dahulu



  • Selama dalam masa isolasi mandiri,

    1. Apa yang boleh/tidak boleh saya lakukan?
    2. Tanda² atau perubahan² apa yang harus saya perhatikan dari tubuh saya?
      Terima kasih

  • Relawan

    halo @kristianto

    dalam isolasi mandiri harap menerapkan physical distancing, social distancing, menerapkan gaya hidup sehat dan bersih, istirahat yang cukup, selalu rajin cuci tangan ketika selesai aktivitas ya. jika ada gejala seperti batuk, sesak napas, pilek harap memeriksakan diri ke fasilitas kesehatan ya


  • Relawan

    Selamat Pagi, Sahabat Sehat @kristianto

    Izin menambahkan penjelasan Kak @Relawan-Nindya

    Yang perlu Anda lakukan adalah "

    1. Isolasi secara mandiri selama 14 hari. Hal ini sesuai dengan masa inkubasi virus corona. Sehingga apabila terjadi gejala selama masa isolasi tersebut, maka akan mendapatkan penanganan yang tepat.
    2. Selalu menggunakan masker/penutup hidung dan mulut saat berinteraksi dengan anggota keluarga atau orang lain. Masker ini tetap digunakan meskipun berada di dalam rumah.
    3. Rajin mencuci tangan menggunakan sabun setelah menyentuh benda-benda di sekitar Anda. Sebelum mencuci tangan, mohon hindari menyentuh wajah pada area HITAM (hidung, mata dan mulut)
    4. Menerapkan etika batuk dan bersin yang benar. Tutup dengan bahu lengan atau tisu, setelah batuk dan bersin usahakan cuci tangan.
    5. Menjaga jarak dengan anggota keluarga. Jarak yang dianjurkan yaitu 1 meter.
    6. Tetap mengkonsumsi makan makanan dengan gizi seimbang dan bervariasi setiap hari seperti buah-buahan, sayur-mayur, telur, ikan, daging bila ada, dan produk hewani sehat lainnya. Dilengkapi dengan istirahat yang cukup, tidur malam minimal 6 jam, hindari begadang. Minumlah air putih 8 gelas/hari. Kurangi penggunaan garam yang berlebihan baik pada masakan atau lainnya.
    7. Pantau kesehatan secara berkala dengan mandiri. Seperti memantau peningkatan suhu tubuh, gangguan nafas dan lainnya.

    Salam Sehat, semangat ya :)



  • Terima kasih. Sampai hari ini suhu tubuh masih berkisar di sekitar 37° C. Kemaren sempat merasa drop, dada serasa ada tekanan, sedikit rasa panas dingin dan kaki gemetaran.



  • Dear @kristianto

    Suhu tubuh normalnya 36,5 -37,5. Apabila saudara mengalami demam >37,5 saudara dapat mengkonsumsi obat penurun panas yang biasa saudara minum.
    Saudata juga bisa melakukan screening online di
    http://checkupcovid19.jatimprov.go.id/
    Dan update informasi tentang COVID-19 di http://infocovid19.jatimprov.go.id/#
    Apabila kondisi tubuh sudah tidak tertahankan seperti demam >38 derajat atau sesak napas tak tertahan segera ke puskesmas terdekat untuk dilakukan pengecekkan.

    Semoga membantu
    Terima kasih


Log in to reply
 



Pengguna Online: