Pertolongan Pertama Orang Sakit ditengah Covid19



  • Belakangan ini banyak beredar video di masyarakat mengenai warga yang tiba2 jatuh saat beraktifitas diluar rumah. Apa yang harus dilakukan warga ketika dihadapkan dengan kejadian seperti itu ditengah wabah COVID-19 ini? Warga tidak ada yang mau bergerak melakukan pertolongan terhadap orang tersebut karena takut orang tersebut adalah kasus COVID-19 sehingga takut resiko tertular. Sedangkan jika dibiarkan dan menunggu petugas medis ber APD datang, nyawa yg seharusnya bisa tertolong tidak bisa diselamatkan.


  • Relawan

    Selamat Pagi, Sahabat Sehat @Avinia

    Terima kasih atas pertanyaannya.

    Saat pandemi seperti ini kita harus hati-hati dan waspada jika menemukan kasus seperti yang Anda jelaskan. Sebab kita tidak mengetahui status riwayat kesehatan warga yang kita temukan dalam kondisi tiba-tiba hilang kesadaran tersebut. Tanpa pemeriksaan secara medis, kita tidak dapat mengidentifikasi warga tersebut, apakah sebelumnya memiliki penyakit kronis, seperti jantung dan lainnya ataukah murni disebabkan karena covid-19 ?

    Oleh karena itu, kami menyaranakan agar Anda melakukan telepon darurat ke layanan aduan 119 ekstention 9. Nanti petugas medis terdekat yang akan melakukan penanganan dengan segera dan tepat.

    Sekian.
    Jika masih ada yang belum jelas, maka rekan relawan lain yang akan memberi penjelasan tambahan.

    Salam sehat !



  • Memang betul kita harus waspada, namun akibat nya bisa fatal. Kejadian kemarin ada tukang becak yg tiba2 jatuh saat mengantar penumpang, tentu masyarakat sekitar tidak bisa langsung mengenali identitas dan riwayat kesehatan beliau. Setelah ditangani petugas kesehatan (yg datang dengan waktu cukup lama) diketahui orang tersebut mengalami serangan jantung, dan telah meninggal saat petugas medis tiba.


Log in to reply
 



Pengguna Online: