Apakah saya terkena covid19?



  • Halo, selamat malam..
    Saya memiliki penyakit pernafasan sejak SMP, saya juga sering mengalami sesak nafas dadakan bahkan sebelum wabah covid menyerang, terlebih ketika saya sedang stres, tetapi semenjak wabah ini masuk ke Kota, saya jadi sering sekali merasakan sesak nafas (nafas pendek), hampir setiap waktu, tetapi saya tidak merasakan gejala yang lain seperti panas tinggi atau flu.. tetapi ketika saya tidak terlalu memikirkan sesak nafas saya, nafas saya kembali normal.. apakah saya termasuk golongan yang terinfeksi? Padahal saya hampir 24/7 di dalam rumah Dan selalu mencuci tangan seperti yang telah dianjurkan oleh pemerintah.. terimakasih..



  • Hi! Terima kasih atas pertanyaanya,
    "Perasaan" mengalami sesak nafas karena kepanikan setelah banyak membaca berita terkait covid-19 tersebut mungkin saja merupakan psikosomatis.
    Psikosomatis adalah suatu kondisi dimana badan merasakan gejala sakit tertentu akibat suatu kecemasan.
    Maka disarankan untuk mengurangi kepanikan/kecemasan tapi tetap harus waspada. Pilihlah sumber informasi atau berita yang tepercaya. Namun jika ada gejala lain seperti demam, batuk, pilek, sesak berat hingga kesulitan menarik nafas panjang bisa menghubungi call center pemprov jatim di 1500117 atau melakukan self assesment di bit.ly/SelfAssesmentJatim.
    Semoga membantu, selamat malam



  • Saya sakit tenggorokan 3hari ini tenggorokan membengkak dan timbul bercak putih, apa saya terinfeksi? Padahal saya selalu dirumah. Mau cek ke klinik atau dokter tht aja takut


  • Relawan

    Dear @sayaitu apabila kondisi anda mengganggu aktivitas keseharian anda saya sarankan untuk melakukan pemeriksaan kesehatan. Virus yang dapat menyerang tubuh dapat pula virus lain bukan hanya Corona sehingga anda tidak perlu takut untuk melakukan pemeriksaan kesehatan. Apabila anda terlalu panik dalam menghadapi covid 19 dapat pula menimbulkan gejala psikosomatis seperti sesak nafas. Anda dapat melakukan physical distancing yaitu memberikan jarak 1-2 meter dengan orang lain. Konsumsi makanan yang bergizi serta istirahat yang cukup. Jaga kebersihan diri. Anda juga dapat melakukan pemeriksaan mandiri di link checkupcovid19.jatimprov.go.id
    Terimakasih semoga membantu


Log in to reply
 



Pengguna Online: