Penanganan tetangga / org dekat jika punya gejala covid19



  • Selamat pagi dini hari, sekarang pukul 01.13. Setelah melihat bbrp group ada yg bertanya kemudian saya sendiri blm tahu. Jd kami tinggal di Mojokerto, bagaimana, kemana atau kepada siapa yg harus kami hubungi jika kami mencurigai org disekitar kami mempunyai gejala covid19 dan mempunyai riwayat kontak dan perjalanan ke daerah red zone? Saya sendiri masih bingung. Apa harus ada prosedur penjemputan pasien dr dinkes setempat atau bagaimana? Mohon pencerahannya.



  • Dear tedy,
    Jika mendapati orang seperti yang anda sebutkan tersebut pertama anjurkan orang tersebut untuk mengisolasi diri dirumah selama 14 hari dan menjaga jarak dengan keluarganya terutama pada anggota keluarga yang termasuk lansia.
    Kemudian anjurkan orang tersebut untuk menjaga pola hidup bersih dan sehat,makan makan bergizi dan cukup istirahat.
    Jika selama isolasi diri (14 hari) orang tsb mengalami tanda dan gejala covid19 maka orang tersebut harus diperiksa oleh tenaga kesehatan di fasyankes terdekat semisal puskesmas atau juga bisa ke RS rujukan terdekat yh sudah ditu juk oleh pemerintah.

    Terima kasih..


  • Relawan

    Dear @tedymeikael sekedar menambahkan anda juga bisa melaporkan hal tersebut kepada RT RW atau pejabat desa di tempat anda tinggal agar dapat dilakukan upaya pencegahan dengan lebih baik.
    Terimakasih semoga membantu



  • Selamat pagi, semoga kita dijauhkan dari wabah penyakit ini....Aaamiiin
    Mau tanya kan cairan disenfectan bisa dibuat sendiri dengan sabun sehari - hari,
    Itu kalau disemprotkan ke anggota badan itu boleh atau tidak?



  • Disinfektan adalah agen antimikroba yang dirancang untuk menonaktifkan atau menghancurkan mikroorganisme pada permukaan lembap.
    Sejauh ini boleh saja menggunakan penyemprotan disinfektan seperti yang telah banyak di lakukan di bilik sterilisasi yang banyak terdapat di kampung2 dan beberapa jalan.
    cairan desinfektan itu bisa digunakan secara meluas pada kulit atau berbagai alat kesehatan. Pada kulit normal, cairan desinfektan tidak akan menimbulkan efek samping. Tetapi, jika kondisi kulit terdapat luka terbuka, bisa menyebabkan terjadinya iritasi pada kulit dan pada kulit sensitif juga dapat menimbulkan reaksi alergi terhadap bahan cairan disinfektan.
    Apabila anda hendak pergi keluar rumah sebaiknya setelah kembali dari luar segera mencuci baju dan lekas mandi, karna sabun lebih efektif membunuh kuman.
    Semoga membantu.


  • Relawan

    Halo @taufiqfirmansyah

    Izin membantu menjawab. Perlu diketahui bahwa desinfektan adalah pembunuh bakteri dan virus yang digunakan di permukaan benda, seperti meja, gagang pintu, dan benda lain. Sedangkan yang digunakan sebagai pembunuh bakteri dan virus di tubuh adalah Antiseptik. Jadi beda desinfektan tidak digunakan di tubuh yaa

    Biasanya, antiseptik digunakan untuk:
    Mencuci tangan
    Membersihkan permukaan kulit sebelum operasi
    Membersihkan permukaan kulit yang terluka
    Mengobati infeksi kulit
    Mengobati infeksi di rongga mulut

    Sementara itu, disinfektan, digunakan untuk:
    Membersihkan permukaan lantai, meja, dan permukaan lain yang sering disentuh
    Membersihkan kain atau pakaian yang terpapar bakteri dan virus
    Mensterilkan peralatan medis yang bisa digunakan berulang kali

    Terimakasih
    Semoga dapat membantu 🙏


  • Relawan

    Halo @taufiqfirmansyah lebih disarankan untuk rajin melakukan cuci tangan karena cuci tangan tetap merupakan salah satu cara efektif untuk menghindari virus. Apabila anda melakukan penyemprotan disinfektan kebagian tubuh justru dikhawatirkan apabila cairan tersebut terkena makanan yang akan anda konsumsi. Perlu diingat bahwa disinfektan berasal dari bahan kimia yang dapat berbahaya apabila masuk kedalam tubuh.
    Terimakasih semoga membantu


  • Relawan

    Izin menjawab @tedymeikael yang dilakukan dengan mengisolasi diri atau mengurangi pergerakan guna mengurangi dampak penyebaran lakukan juga higiene diri yang baik dengan selalu mencuci tangan ketika sehabis melakukan aktivitas dan lain lain serta di mohon untuk melaporkan ke fasyankes terdekat kalau ada puskesmas ya puskesmas kalau ada klinik Monggo ke klinik

    Terima kasih


Log in to reply
 



Pengguna Online: