Sempat sakit waktu booming VIRUS COVID -19



  • Selamat siang, mau menanyakan terkait gejala yang saya alami beberapa minggu lalu. sempat merasa demam, batuk, pilek, pusing selama beberapa hari dan untuk batuk terjadi selama 10 hari. dan untuk saat ini jika ada seseorang yang bersin tidak lama saya juga ikut terkena bersin. apakah saya termasuk terkena gejala covid?


  • Relawan

    Halo @Putri-001

    Apa sebelumnya anda pernah kontak fisik dengan pasien positif covid-19?
    Apa anda pernah dari wilayah yang terjangkit covid-19?
    Jika tidak kemungkinan sakit biasa, dalam artian tidak covid-19.
    Untuk bersin kenapa anda ikut bersin ketika ada orang bersin? Yang menyebabkan bersin yaitu ada benda asing masuk melalui hidung,

    Terima kasih semoga membantu anda



  • apakah batuk beberapa minggu juga bisa termasuk juga terjangkit COVID?



  • Dear @Putri-001

    Mohon ijin menjawab
    Jadi gejala COVID-19 adalah demam >38 derajat, batuk, sakit tenggorokan, lemas hingga sesak napas. Apabila saudata mengalami gejala diatas, segeralah ke puskesmas terdekat.
    Apabila saudara batuk lebih dari 7 hari bisa jadi hal tersebut hanya tanda gejala flu atau penyakit yang lain. Hal tersebut juga memerlukan pemeriksaan lebih lanjut.
    Apabila saat ini saudara tidak mengalami demam >38 derajat atau sesak napas yang tidak terkontrol, saudara dapat melakukan karantina diri #dirumahsaja selama 14 hari. Karena masa inkubasi virus ini adalah 5 hari dan dapat mati selama 14 hari apabila imun dalam tubuh kuat. Oleh sebab itu, saat ini imun saudara sedang turun sehingga lebih baik saudara #dirumahsaja agar tidak terpapar virus dari luar. Selain itu gunakan masker bila memang sedang batuk, pisahkan alat makan dengan anggota keluarga lain, terapkan etika batuk, sering minum air hangat dan jangan lupa minum dan makanan yang dapat meningkatkan imun seperti jeruk, anggur, yogurt, brokoli, ikan-ikanan dan minuman tradisiunal seperti jahe dll.

    Saudara juga dapat melakukan screening online di
    http://checkupcovid19.jatimprov.go.id/
    Dan update informasi tentang COVID-19 di http://infocovid19.jatimprov.go.id/#

    Semoga membantu
    Terima kasih



  • @Putri-001
    Bisa, tapi belum tentu juga.
    Kalau setelah 2 minggu tidak ada perbaikan, atau gejalanya makin memburuk, segera hubungi dokter.


Log in to reply
 



Pengguna Online: