Lapor tetangga yg meninggal diduga covid19



  • Selamat pagi,
    minggu lalu saya mendapat info ada tetangga gang sebelah seorang pedagang pasar yg meninggal setelah 3 hari dirawat di RS namun dimakamkan ala pasien covid19 tetangga dan keluarganya tidak boleh ikut menguburkan, selang beberapa hari suaminya yg juga takmir masjid di daerah saya juga menyusul meninggal dunia karena sakit, nah ayah saya sempat kontak dgn bapak takmir masjid tersebut, terakhir ayah saya bertemu dgn bapak takmir masjid tersebut tanggal 10 yg lalu, saya serumah jadi was2 karena sampai sekarang belum ada info yg valid tentang benar tidaknya tetangga yg ini meninggal karena covid19 atau tidak, saya tanya ke tetangga lain jg tidak ada yg bisa memberi info apapun, tidak ada info juga dari pihak RT RW kami sebagai warga mulai resah pak bagaimana ini apa kami harus mengikuti rapid test juga? Atau kita harus lapor kemana?



  • Halo @raraa_ terimakasih atas pertanyaannya.

    Rapid test untuk saat ini diprioritaskan hanya untuk orang yang terindikasi memiliki gejala covid-19 dan yang telah melakukan kontak dengan pasien positif covid-19 dan juga untuk tenaga medis karena alatnya yang terbatas.
    Jika memang seorang yang meninggal tersebut terinfeksi covid-19, maka pihak terkait dan juga tenaga kesehatan akan melakukan contact tracing atau penelusuran kontak kepada orang-orang yang mungkin pernah melakukan kontak dengan penderita dengan melakukan observasi maupun pemeriksaan rapid test.
    Anda tidak usah panik, karena nanti akan mempengaruhi imunitas Anda. Tetap bahagia, terapkan PHBS (Perilaku Hidup Bersih dan Sehat) dengan rajin cuci tangan dan makan makanan bergizi dan jangan lupa untuk isolasi mandiri dirumah.
    Untuk informasi seputar covid-19 dapat diakses melalui http://infocovid19.jatimprov.go.id/ dan https://radarcovid19.jatimprov.go.id/ untuk mengecek ODP, PDP maupun kasus konfirmasi disekitar Anda.

    Terimakasih, semoga membantu.



  • @raraa_
    Pak Takmir belum tentu Positif Covid, tapi juga belum pasti Negatif.

    Apakah bapak mbak @raraa_ ada gejala flu, pilek, demam, sakit kepala, atau batuk, atau sesak napas? Atau kelelahan?

    Kalau gak ada, Alhamdulilah.

    Sekarang yg kita bisa lakukan adalah #dirumahaja, rajin #cuciTangan, tingkatkan kesehatan dan imunitas tubuh, tetap Tenang, tingkatkan kebersihan Rumah; lantai lebih sering di pel dgn obat pel, meja dan tempat yg sering disentuh rajin lap dengan sabun dst dst yg sudah sering kita dengar/lihat/baca

    Semoga @raraa_ sekeluarga tetap sehat





Pengguna Online: