Bagaimana prosedur pengajuan rapid test / tes COVID-19 apabila di lokasi kerja apabila terdapat ditemukan personil positif COVID-19?



  • Dear Admin COVID-19,

    Bagaimana prosedur yang harus diajukan apabila terdapat personal yang positif COVID-19 di area kerja?

    Terimakasih,

    RA


  • Relawan

    Selamat Pagi, Salam Sehat Indonesia!
    dear @rakhmadarie
    pertama bisa lakukan pembatasan pergerakan pasien di lingkungan publik untuk mencegah penyebaran COVID-19 di skala yang lebih luas, untuk mengurangi stress dan kecemasan pada pasien bisa diberikan penjelasan tentang alasan mengapa hal tersebut harus dilakukan, jaga jarak paling tidak 1 (satu) meter dari pasien. terakhir segera laporkan pada isntansi kesehatan terdekat untuk dilakukan penanganan.
    untuk informasi lebih lanjut bisa klik link berikut ya
    infocovid19.jatimprov.go.id/

    salam



  • This post is deleted!

  • Relawan

    Dear @rakhmadarie saat ini pemeriksaan Rapid test difokuskan untuk Pasien Dalam Pengawasan (PDP), Orang Dalam Pemantauan (ODP) dan Orang Dalam Risiko (ODR) seperti tenaga medis dan dilakukan di rumah sakit rujukan. Sehingga untuk masyarakat yang tidak memiliki gejala atau kontak dekat dengan penderita Covid 19 belum bisa melakukan Rapid test. Apabila anda merasa memiliki kontak dengan penderita Covid 19 anda bisa menghubungi 1500 117 atau fasilitas kesehatan terdekat atau pejabat desa tempat anda tinggal agar dilakukan pengarahan. Jangan panik lakukan pola hidup sehat dengan mengonsumsi makanan yang bergizi, jaga kebersihan diri, dan istirahat yang cukup.
    Terimakasih semoga membantu


  • Relawan

    @rakhmadarie terimakasih atas pertanyaanya
    Saya relawan dimas menambahkan untuk di lingkup kerja sebaiknya mendata siapa saja yang pernah kontak atau 1 ruangan dengan orang yang positif covid 19. Dan melakukan isolasi mandiri selama 14 hari. melaporkan jika di hari ke 2 atau selama 14 hari mengalami tanda2 mengarah ke covid 19 ke fasyankes untuk di tindak lanjuti. Agar kita dapat mengetahui seberapa luas penyebarannya.

    JANGAN LUPA...
    Jaga kesehatan
    Cuci tangan
    Etika batuk yang baik
    #SahabatSehat
    #Relawanjatim


  • Relawan

    @rakhmadarie ijin menambahkan pernyataan @Relawan-dimasbk untuk isolasi mandiri selama 14 hari selalu di ingatkan untuk melakukan perilaku hidup bersih dan sehat(phbs), cuci tangan 6 langkah, ajarkan/belajar batuk efektif (tutorial bisa lihat youtube), apabila mempunyai masker selalu gunakan masker tersebut..1 hari harus ganti masker..apabila hal ini patuh dan rutin dilakukan virus corona akan hilang secara mandiri dan bisa menjadi antibody bagi kita ...akan tetapi ingat selalu menjaga diri agar tidak stress dan imunitas tetap terjaga (meningkat)
    Kalo dirasa gejala tersebut makin parah bisa ke fasilitas kesehatan rujukan pemerintah jawa timur.
    Apabila salah kata mohon maaf
    Terima kasih salam sehat
    #sehat jatimku
    #sehat indonesiaku
    #Relawan jatim
    #Relawan indonesia



  • @Relawan-Shinta-N
    Admin, sabtu kemarin badan sy demam tingi 38, minggu malam sampai 39,5 batuk dan pusing. Sekrng sy masuk dalam group WA ODR, krena pans tak kunjung membaik sy ke RS untuk periksa. Sekarang hri jumat kondisi demam sudah normal, batuk hnya sesekali saja. Kepla dipakai jln masih pusing. Apa sy sudah termasuk ODP?


  • Relawan

    @wilujeng sebelumnya apakah anda pernah pergi ke luar daerah yang zona merah atau anda memang berada di daerah zona merah tersebut dan merasa pernah kontak dg pasien positif jika iya segeralah melapor ke dinas kesehatan setempat dan katakan gejala2 yang anda rasakan tersebut, saat anda keluar rumah jangan lupa menggunakan masker dan jika batuk gunakan etika batuk yang benar ya



  • Dear @rakhmadarie

    Terima kasih pertanyaanya
    Ijinkan kami untuk menjawab

    Jika ada salah satu rekan kerja dinyatakan konfirmasi atau positif covid 19
    Maka status rekan kerja yang kontak langsung dengan penderita akan berstatus Kontak Erat Resiko Tinggi
    Menurut Protap bagi seorang yang masuk klasifikasi Kontak Erat Resiko Tinggi akan dilakukan pemeriksaan sampel di hari ke 1 dan ke 14. Kemudian mereka dihimbau untuk isolasi dan/atau karantina diri dirumah selama 14 hari dan melakukan sosial distancing.

    Alurnya cukup jelas bahkan tanpa pengajuan anda akan langsung diambil sampel untuk diperiksa jika kedapatan ada rekan kerja yang kontak langsung dengan anda terkonfirmasi covid 19

    Semoga bisa membantu

    Terima kasih


  • Relawan

    Dear @wilujeng izinkan saya membantu menjawab. Sebelumnya saya ingin menanyakan apakah demam anda turun setelah mengunjungi rumah sakit atau sebelumnya? Apabila demam anda turun setelah anda mengunjungi RS mungkin dokter sudah memberikan obat untuk meredakan masalah kesehatan yang anda alami dan apabila diagnosa dokter tidak ada kaitannya dengan covid 19 maka anda tidak termasuk ODP. Namun apabila panas anda turun sebelum melakukan pemeriksaan ke dokter, anda tetap disarankan untuk melakukan physical distancing yakni memberikan jarak 1-2 meter apabila bertemu dengan kerumunan orang, melakukan isolasi mandiri selama 14 hari dan menerapkan pola hidup bersih dan sehat dengan mengonsumsi makanan yang bergizi serta istirahat yang cukup dan jaga kebersihan diri. Dengan kondisi imun tubuh anda yang baik biasanya masalah kesehatan yang anda alami dapat sembuh dengan sendirinya. Anda juga dapat melakukan pemeriksaan mandiri di laman checkupcovid19.jatimprov.go.id . Apabila dalam beberapa hari kondisi kesehatan anda mengalami penurunan disarankan untuk mengunjungi fasilitas kesehatan agar dapat diberikan penanganan dengan tepat.
    Terimakasih semoga membantu


Log in to reply
 



Pengguna Online: