Masjid di kampung saya tidak mengindahkan anjuran MUI dan pemerintah



  • Bpk/ibu mau info saja, masjid di kampung saya , Simolawang , Masjid Al Abror, setiap Jumat masih melaksanakan Sholat Jumat dan tiap hari juga masih melaksanakan Sholat jamaah tanpa melakukan protokol pencegahan covid 19. Jemaah penuh berdesakan yg dtg dari mana2 krn byk masjid tutup. Sangat beresiko penularan. Dan pihak masjid dgn Imam nya seakan justru meyakinkan kpd jemaat untuk tetap sholat jamaat dgn slogan Takut Tuhan daripada Corona. Tidak mengindahkan peringatan MUI dan pemerintah. Mohon dipantau dan di datangi masjidnya untuk diberi pengarahan 🙏🙏



  • Sama di brumbung tanjunganom nganjuk masjid al ishlah juga masih ramai sholat jumat dan sholat wajib 5 waktu...bgm ini dan?


  • Relawan

    Halo @Bagus-Tutuko

    Silakan laporkan ke kepolisian/satpol PP ya.

    Bagaimana jika di tempat ibadah tersebut banyak kala jengking dan macan berhamburan? Apakah ibadah akan tetap dilaksanakan dengan slogan lebih takut Tuhan daripada kalajengking dan macan?


  • Relawan

    @Bagus-Tutuko Coba adukan ke pihak berwajib setempat, contoh polsek. Kemudian beri penjelasan kepada pihak pengelola masjid sebagai antisipasi penyebaran covid-19 ini



  • Saya kira masalah ini masih ambigu kenapa:

    1. Terdapat perbedaan memahami arti zona merah diantara tokoh masyarakat, ulama
    2. Terdapat perbedaan sikap diantara ulama dan bahkan diintern MUI ssndiri terkait penutupan mesjid
    3. Tidak ada kepatuhan dari masyarakat tentang stay at home, padahal Pemetintah sdah mengeluarkan duit banyak unt pengobatan pencegahan penyebaran Covid
      4.Tidak ada sanksi tegas dari kepolisian terhadap masyarakat yg melanggar protokol kesehatan penanganan Covid 19

    Jadi kesimpulannya, tidak ada larangan mesjid tetap melaksanakan sholat berjamaah



  • Sepakat dg pendapat mas bagus tutuko diatas, juga terjadi di desa kami tambaksumur kec.waru kab.sidoarjo. korona dibenturkan dg agama? Alhasil kepatuhan masyarakat thd himbauan pemerintah sangat rendah, masjid tetap ramai, warkop tetap santai buka spt biasa?



  • @sonef
    Yo wis mas, sesama warga waru, mari kita sambut PSBB dengan penuh kegembiraan



  • Mau lapor Satpol PP kecamatan?. Sepertinya saat ini susah. Contohnya saja kegiatan Warkop persis didepan Kecamatan Pabean Cantikan, sampai saat ini masih buka tgl 21 April 2020 pukul 17.11 kondisi masih sangat ramai. Jadi mau lapor kemana lagi, bila contoh kejadian keramaian didepan Kantor Kecamatan saja tidak dihentikan sementara saat pandemi ini. Semoga Bu Risma dan Bu Kofifah membaca forum ini, dan segera menindak kegiatan keramaian yang masih berjalan sampai saat ini.



  • @Bagus-Tutuko hai kakak silahkan lapor polisi setempat ya atau takmir masjid diberitahu untuk melakukan protokol yg sudah ditentukan pemerintah seperti memakai masker ,membawa sajadah sendiri,dan menjaga jarak minimal 1 meter jika takmir nya masih ngeyel dengan alasan takut tuhan ,takmir nya suruh aja sekandang sama macan kalau takmir nya bilang gimana kalau saya diterkam bales aja katanya takut tuhan kok sama macan takut.



  • @panpan
    Aamiin



  • Sama sih...banyak yg spt ini... ditempat saya juga masih nyantai aja sptnya



  • @Relawan-Eswahos Sudah pernah kak, dan tetap tidak ada tindakan lebih lanjut. Apalagi sekarang banyak tetangga-tetangga saya yang anak/saudaranya kerja di Surabaya, Depok, Jakarta pulang ke kampung sebelum larangan tidak boleh mudik ditetapkan.


  • Relawan

    Halo @xukmxxx

    Jika demikian kami sarankan Anda untuk tetap #dirumahaja setidaknya Anda tidak keluyuran ya.



  • Di tempat saya di medokan , sebelumnya di masjid daerah saya juga masih tetap melakukan kegiatan seperti biasa (shalat jamaah , shalat tarawih, shalat jumat)
    tapi mulai per tanggal 28 April kemarin ada pihak polsek dan satpol -pp yang menyidak langsung ke lokasi. Dan akhirnya per tanggal tersebut jamaah dilarang untuk melakukan kegiatan di masjid.


Log in to reply
 



Pengguna Online: