apakah hasil tes reaktif adalah orang yg positif corona



  • assalamualikum
    mau tanya apakah orang yg hasil tes nya reaktif itu adalah orang yg positif corona ?
    karna saya kemarin malam interaksi dengan orang tersebut , dan dapat kabar tadi siang bahwa hasil tesnya reaktif dan harus d isolasi mandiri ?



  • @faiz-jr
    Gak paham dengan hasil test yg reaktif
    Hasil test ( terutama Rapid test) biasanya positif atau negatif, tapi ada juga false positif dan false negatif.
    Karena itu untuk memastikan negatif, diperlukan test tambahan berjarak min 2 hari, dgn hasil negatif, kepastian sembuh kalau disertai perbaikan gejala ( sesaknya hilang dst dst)



  • @faiz-jr
    Itu ketemunya sudah sama sama #pakaiMasker kan,
    dan #JagaJarak kan.
    Kalau gak ya di harap maklum



  • @fajrss iya kita sama2 pakai masker , untuk jarak kita kurang lebih 1 meteran
    tapi saya berbicara dan terima surat dari dia yg hasil tes darahnya reaktif ?



  • Apa yang dimaksud dengan hasil test Reaktif?
    Pernah ditest hasilnya negatif trus di test lagi hasilnya beda?
    Atau sebaliknya pernah ditest hasilnya positif trus ditest lagi hasilnya beda?
    Atau bagaimana❓



  • di tes hasilnya positif


  • Relawan

    halo @faiz-jr

    apakah maksud anda rapid test yang positif ?
    jika iya, untuk rapid test positif belum bisa dikatakan positif coronavirus ya harus ada uji lagi yaitu tes PCR



  • @faiz-jr
    Hasil reaktif pada rapid test menandakan bahwa orang yang diperiksa pernah terinfeksi virus Corona. Meski begitu, orang yang sudah terinfeksi virus Corona dan memiliki virus ini di dalam tubuhnya bisa saja mendapatkan hasil rapid test yang non reaktif karena tubuhnya belum membentuk antibodi terhadap virus Corona.

    Oleh karena itu jika hasilnya non reaktif, pemeriksaan rapid test perlu diulang sekali lagi 7-10 hari setelahnya. Anda juga tetap disarankan untuk melakukan isolasi mandiri selama 14 hari walaupun tidak mengalami gejala sama sekali dan merasa sehat. Karena apabila hasil rapid test pertama non reaktif, Anda dapat menularkan virus ke orang-orang di sekitar.

    Nah, bila hasil rapid test Anda reaktif, jangan panik dulu. Antibodi yang terdeteksi pada rapid test bisa saja merupakan antibodi terhadap virus lain atau coronavirus jenis lain, bukan yang menyebabkan Covid-19 atau SARS-CoV-2.

    Semoga dapat membantu
    Sumber:https://www.google.com/url?sa=t&source=web&rct=j&url=https://rs-jih.co.id/readmore/mengenal-rapid-test-covid-19&ved=2ahUKEwix4PP_p4bpAhVFSX0KHdN5Bo4QFjAAegQIARAB&usg=AOvVaw306tLtbzKmh9N0R9BlAwuU&cshid=1587911914552



  • Ya kalo reaktif si covid sudah mampir seminggu yl... terlacak di antibodynya... ybs mgkn sudah sembuh tapi lebih aman ya tes swab... biar lega ... buat sampean yaa siapin aja amunisi...makan yg sehat bergizi..vitamin..madu..olahraga... tidur nyenyak...ojo stres...jgn lupa masker dan pola hidup bersih dan sehat... insyaAlloh aman



  • @RelawanRiris Halo saya mau tanya kebijakan disini apabila rapid igg+ di test rapid lagi seminggu berikutnya. Namun ibu saya yg saat rapid memang baru sembuh dr lambung dan memang punya radang dr dulu melaksanakan juga test swab seminggu berikutnya. Yg mau saya tanyakan apakah mungkin hasil swab ibu saya positif padahal rapidnya igg dan keadaan ibu saya membaik. Bahkan baik2 saja. Merasa makin enakan?


  • Relawan

    Halo selamat pagi @rahasiasiapani membantu menjawab pertanyaan anda

    Hasil rapid tes dan tes swab bisa jadi berbeda.
    karena yang dilihat pada rapid test dan test swab juga berbeda. Rapid test melihat kemunculan antibodi yang timbul salah satunya karena respon tubuh terhadap virus covid-19 tetapi bisa juga antibodi tersebut akibat respon terhadap virus yang lain. Hasil rapid test akan positif jika darah mengandung antibodi tertentu.
    Sedangkan tes PCR melihat keberadaan virus termasuk virus covid-19 di dalam tubuh. Sehingga hasil tes PCR atau swab akan positif jika terdapat virus covid-19 di dalam tubuh.
    Jangan panik dan tetap tenang

    Sekian, semoga membantu



  • @Relawan-Rufaida apabila memang positif, lalu untuk menghilangkan virus bagaimana ya? Karena ibu saya juga merasa badannya baik2 saja atau mungkin bisa jd otg? Bagaimana penanganannya ya?



  • Kalau sdh dinyatakan hasil swaptes positif itu hanya perlu karantina mandiri dirumah?


  • Relawan

    Halo selamat malam @sutardi mmbantu menjawab pertanyaan anda

    karena keterbatasan tempat isolasi maka pasien posistif korona dapat melakukan karantina mandiri dirumah. Karantina mandiri dirumah dapat dilakukan dengan tidak keluar rumah terlebih dahulu, dan membatasi interaksi fisik atau bertemu dengan orang rumah.
    Saa ini asien positif tanpa gejala atau dengan gejala ringan melakukan karantina mandiri di rumah sedangkan pasien dengan gejala berat akan dikarantina di rumah sakit

    Sekian semoga membantu


Log in to reply
 



Pengguna Online: