bagaimana jika gejala spt ini



  • 1minggu ini sy mengalami bersin dan batuk ringan, tenggorokan spt ada yg mengganjal dan kadang sulit utk bernafas. saya tidak ada riwayat berpergian keluar kota tetapi saya kerja dilapang bertemu dengan cust dan bersentuhan melalui media uang dan barang tepatnya di beberapa tempat yang dekat sekali dengan zona merah, apa yang harus saya lakukan?


  • Relawan

    Halo @vitri

    Sekarang dimulai dari Anda untuk #dirumahaja dan dapat melakukan beberapa upaya seperti physical distancing, minum air putih 8 gelas perhari, makan makanan bergizi dan seimbang, cukup tidur 7-8 jam perhari, jangan panik dan hindari stress, olahraga ringan minimal 30 menit perhari, terapkan etika batuk dan bersin, rajin cuci tangan dengan sabun dan air mengalir, serta perilaku hidup bersih dan sehat lainnya. Jika sakit dengan gejala ringan silakan isolasi mandiri di rumah. Jika sakit dengan gejala berat atau dalam waktu lebih 1 minggu dan tak kunjung membaik silakan kunjungi fasilitas layanan kesehatan terdekat.

    Demikian semoga dapat membantu dan Anda sekeluarga diberikan kesehatan selalu.

    Deteksi dini covid-19 dapat melalui
    https://checkupcovid19.jatimprov.go.id/covid19/

    Info lengkap kunjungi infocovid19.jatimprov.go.id

    Salam... 🙂

    Eswahos



  • @vitri
    Yang penting dilakukan;

    1. Sembuhkan bersin dan batuknya sesegera mungkin ( bisa pakai obat bebas utk Flu dan batuk)

    2. Isolasi Mandiri. Hindari kontak dengan orang lain termasuk keluarga; Selalu #PakaiMasker dan #JagaJarak. Usahakan di kamar terpisah.

    3. Pakai Alat Makan, Minum, handuk tersendiri (setelah dicuci dgn sabun bisa di pakai yg lain)

    4. Tingkatkan pola hidup bersih sehat (diantaranya lantai sering dipel dgn obat pel, meja dan alat alat yg sering disentuh rajin dilap dgn air sabun/alkohol65℅/desinfectant
      Rajin #CuciTangan dst.

    5. Tingkat kesehatan dan imunitas tubuh; makan yg bergizi seimbang, olahraga ringan, berjemur sebentar di pagi hari, kalau perlu tambah suplemen vitamin.

    6. Kalau ada gejalanya makin memburuk, silakan menghubungi Dokter

    Semoga dapat membantu.
    Semoga mbak @vitri makin sehat.


Log in to reply
 



Pengguna Online: