Pernah kontak dengan PDP



  • Selamat malam. Saya mau bertanya, saya pernah bertemu dengan orang yang dinyatakan PDP sekitar 2 hari yang lalu (19 April) tanpa ada kontak fisik pada 21 Maret. Apakah saya kemudian bisa menjadi ODP? Saat ini saya baik-baik saja.
    Terimakasih


  • Relawan

    Halo @wiwit

    Apakah PDP tersebut confirmed covid-19?

    Silakan melakukan isolasi mandiri dirumah selama 14 hari ya!



  • @wiwit
    Saya berusaha menjawab, tapi untuk itu perlu informasi tambahan.

    1. Bagaimana @wiwit tahu seseorang jadi PDP. Apakah diberitahu ybs? Atau dari gossip?
    2. Kita perlu memastikan kapan pertama kali gejala yg dialami PDP muncul? Ini penting utk memastikan masa inkubasi pada PDP tsb. Kalau ini diketahui maka diasumsikan masa inkubasi nya kira-kira 2hr sebelum gejala muncul sampai 14hr setelah gejala muncul. Kalau anda bertemu YBs dalam masa itu ( terutama kalau berjabat tangan, dlm jarak kurang dr 1m) maka dapat DiDUGA Anda Mungkin terpapar.
      Sekali lagi baru dugaan.
    3. PDP belum tentu positif terinfeksi Corona. Jadi anda jga belum tentu terinfeksi.

    Sekarang yg perlu kita lakukan, mendukung PDP tsb. (Kita ndak tahu bagaimana Tindak lanjut PDP tsb;(apakah isolasi mandiri, atau di Rumah Sakit Rujukan? Dan bagaimana ia mencukupi kebutuhannya)
    Dan untuk setiap orang; #diRumahaja, kalau terpaksa keluar rumah #PakaiMasker dan #JagaJarak. Sepulangnya ke rumah wajib #cucitangan kalau perlu mandi dst dst yg sudah sama sama diketahui
    Semoga @wiwit tetap Sehat



  • @Relawan-Eswahos terimakasih atas jawabannya. Baru hasil rapid tes yang positif. Masih menunggu hasil swab.



  • @fajrss terimakasih atas jawabannya. Saya mengetahui informasi bahwa ybs tersebut pdp karena satu instansi kerja dan informasi berdasarkan sebaran pdp yg dikeluarkan pihak kabupaten. Saya tidak tau kapan muncul gejala ybs, namun ybs dijemput pihak rs sekitar tgl 19 April. Pada saat bertemu ybs 21 maret saya tidak melakukan kontak fisik dan hanya berkomunikasi pada jarak sekitar 2 meter (hanya saling sapa)



  • Semoga @wiwit tetap sehat
    Dan semakin sehat


Log in to reply
 



Pengguna Online: