Bagaimana prosedur rapid test?



  • Saya bekerja di salah satu retail di malang. Saat ini malang menjadi salah satu kota dengan potensi covid yg cukup tinggi. Saya beserta karyawan yg lain memiliki intensitas yang cukup tinggi berada di kerumunan. Hal-hal terkait pencegahan sudah kami lakukan. Namun jika ada salah satu karyawan yang sakit dan menunjukan gejala. Apakah kami bisa menjadi prioritas utk rapid test? Dan bagaimana prosedurnya?Terimakasih


  • Relawan

    Selamat Pagi, Salam Sehat Indonesia!
    dear @winda
    tindakan pertama yang dapat dilakukan adalah dengan social distancing. dengan pembatasan ruang gerak, kita bisa membatasi penyebaran COVID-19 di skala yang lebih luas. rapid itu prinsipnya elisa, deteksi antibody, bukan virusnya. antibody baru muncul di hari ke 5-6. Hasil tes rapid positif, belum tentu dia memang positif, perlu di double cek dengan PCR, kalau positif berarti virus masih aktif, kalau negatif maka dia antibody lama, udah kena infeksi sejak lama.
    untuk informasi lebih lanjut bisa klik link berikut ya
    infocovid19.jatimprov.go.id/

    salam


  • Relawan

    Halo @winda,

    Terimakasih atas pertanyaannya, izinkan saya membantu.

    Untuk prioritas pertama pasien rapid test adalah untuk kontak erat resiko tinggi yaitu apabila seseorang yang berkontak dengan kasus konfirmasi atau probabel, diantaranya;

    1. Petugas kesehatan yang merawat, mengantar, membersihkan di tempat perawatan kasus
    2. Orang yang berada dalam satu ruangan atau bepergian bersama dengan pasien konfirmasi atau probabel mulai dari 2 hari sebelum gejala timbul sampai dengan 14 hari setelah gejala timbul.

    Salam



  • @winda Selamat pagi,

    Jika karyawan tersebut mengalami demam atau tanpa sakit dan pernah kontak dengan pasien PDP (Pasien dengan Pengawasan) maka termasuk dalam prioritas keempat.

    Untuk prosedurnya bisa menuju RS rujukan
    infocovid19.jatimprov.go.id

    Tetap menjaga Pola Hidup Bersih dan Sehat, jangan lupa cuci tangan, terapkan etika batuk.
    Terima kasih dan sehat selalu


Log in to reply
 



Pengguna Online: