Batuk berdahak, tenggorokan terasa mengganjal



  • beberapa hari ini saya batuk berdahak, teronggorokan terasa mengganjal. terus kadang tenggorokannya juga menganjal. itu Covid 19 bukan? kalo iya, saya ga pernah pergi ke zona merah. kalo bukan, itu gejala apa?


  • Relawan

    Halo selamat malam @RizkaWike izin membantu menjawab

    batuk berdahak, tenggorokan mengganjal merupakan salah satu gejala umum covid. Anda tidak pernah ke daerah zona merah belum tentu mengurangi resiko anda berineraksi dengan orang yang pulang dari daerah zona merah. Namun kondisi tersebut belum tentu menunjukkan anda terinfeksi covid karena status orang positif terinfeksi covid 19 hanya bisa dinyatakan melalui tes PCR.

    Banyak penyakit yang memiliki gejala berupa batuk, umumnya karena peradangan, alergi atau terinfeksi virus/bakteri. saran kami batasi interaksi dengan orang lain selama kondisi kesehatan anda tidak baik-baik saja, tetap dirumah dan selalu konsumsi makanan bergizi

    jika gejala batuk dirasa sangat mengganggu anda bisa menghubungi dokter atau fasilitas kesehatan terdekat

    terimakasih, semoga membantu



  • saya sudah melakukan cek dini covid disini dan kesimpulannya katanya bukan infeksi covid benarkah itu? saya takut banget. soalnya saya cuma dirumah aja. pergipun cuma sebentar terus pakai masker. tapi batuk berdahaknya 2 hari ini sudah agak mendingan.


  • Relawan

    Selamat malam @RizkaWike

    Bisa jadi batuk yang anda alami bukan batuk akibat gejala covid 19 dan disesbabkan oleh faktor lain misalnya alergi. Biasanya penderita covid selain mengalami batuk juga mengalami demam, dan sesak nafas. Yang paling mengkhawatirkan dari infeksi covid adalah seseorang mengalami kerusakan paru, sesak nafas parah dan berujung kematian. Selama gejala anda ringan dan tidak terlalu mengganggu anda tidak perlu panik dan tetap melakukan langkah pencegahan seperti yang telah anda lakukan. Karena covid 19 hanya dapat di ketahui melalui tes PCR.
    Upayakan untuk meminimalisisr pergi keluar rumah dan berinteraksi dengan orang lain dalam jarak dekat. Kami sarankan anda pergi ke fasilitas kesehatan jika gejala tersebut bertambah parah, diikuti dengan sesak nafas yang mengganggu kenyamanan anda

    Semoga membantu



  • lalu bedanya flu biasa sama covid 19 itu apa saja?


  • Relawan

    halo @RizkaWike

    Jika Covid-19 disertai sesak nafas sedangkan flu tidak ya



  • Gini kak, saya mau tanya selama masa karangtina ini tanggal 5 itu kaki dan tangan sering nyeri.. dan susah tdur. Lalu, tanggal 9 mei kemarin itu kan BAB susah keluar, sekali keluar itu besar dan pengen BAB lagi, habis itu perut nyeri dan muntah banyak.. kepala juga pusing, tanggal 10 kemarin itu lubanh hidung yg sebelah kanan susah buat nafas.. itu kenapa ya?,apa ada obat jalannya?


  • Relawan

    Halo selamat malam @siti , izin membantu menjawab,

    Sebagian yang anda alami, kecuali kesulitan bernafas bukan termasuk dari gejala umum covid 19.
    Kami sarankan anda memeriksakan diri anda ke dokter (lebih disarankan ke dokter yang membuka klinik di rumah) untuk memperoleh penanganan terkait penyakit anda

    Sekian, semoga membantu


Log in to reply
 



Pengguna Online: