Strategi penanganan covid



  • Maaf sebelumnya.

    1. Tetangga saya ada yang dinyatakan positif dan sudah ditangani petugas. Pihak keluarga yang bersangkutan juga diperiksa petugas dan isolasi mandiri dirumah. Yang menjadi pertanyaan, kenapa saat hasil tes pihak keluarga keluar, pihak keluarga tersebut tidak diberitahu bahwa mereka positif. Pihak keluarga tidak diberitahu petugas daerah, hanya tau melalui media sosial yang sudah ramai dipublik. Kemudia RT setempat meminta penjelasan ke pihak yg bersangkutan yaitu tim gugus covid karena penanganan yang seperti itu bisa dikatakan tidak serius. Dan alasan mereka adalah kekurangan dana.
      Seperti inikah cara penanganannya pada masyarakat?
      Benarkah tidak ada dana dari pusat?
      Jika ada dana lalu kemana dana tersebut?

    2. Larutan desinfektan disetiap pos perbatasan ketika akan memasuki daerah. Apakah tidak ada pemeriksaan rutin untuk larutan tersebut? Sedikit yg saya tau dari kabar kabar yang beredar entah benar atau salah. Larutan didaerah saya bukan benar benar larutan desinfektan. Tapi hanya air yang dicampur kaporit sehingga aromanya mirip desinfektan.


  • Relawan

    Halo @nobita17

    Terima kasih atas pertanyaan Anda.
    Kami akan bantu menjawab ya.

    1. Pemerintah pusat sudah menganggarkan Rp405 Triliun dan meminta Pemerintah Desa untuk melakukan realokasi dana desa untuk penanganan pencegahan covid-19 ini. Audit dari dana pemerintah akan dilakukan oleh BPK ya... :)

    2. Pemerintah sudah menyurati kepala dinas kesehatab provinsi dan kab/kota agar tidak melakukan disenfeksi pada mahluk hidup ya. Cukup cuci tangan pakai sabun dan air mengalir dan menggunakan masker.

    Demikian semoga membantu menjawab
    Terima kasih



  • @Relawan-Eswahos maksud saya penyemprotan untuk kendaraan yang keluar masuk kota/kab


  • Relawan

    Halo @nobita17

    Hal-hal seperti itu bukan merupakan protokol kesehatan yang disarankan oleh WHO ya. :)



  • assalamualaikum. maaf saya bertanya . di tempat saya barusan ada kabar yang terjangkit covid. bagaimana ya cara penangananya? soalnya RT saya kok diam diam saja


  • Relawan

    Waalaikumsalam @aghnia18 membantu menjawab

    Yang perlu dilakukan terlebih dahulu memastikan kebenaran kabar tersebut, Jika memang benar seharusnya perangkat desa segera melaporkan kejadian tersebut ke gugus tugas penanganan covid (bisa ke PUSKESMAS) terdekat.

    Warga yang terkonfirmasi positif covid-19 perlu melakukan isolasi mandiri total di dalam rumah, menggunakan masker, membatasi interaksi secara fisik bahkan dengan orang rumah sekalipun. Sebaiknya juga dilakukan oleh orang yang pernah bertemu dengan warga yang terkonfirmarsi positif.
    Pastikan tetap menjaga jarak fisik dengan penderita, tidak perlu di kucilkan dan beri tetap beri semangat.

    Sekiann, semoga membantu


Log in to reply
 



Pengguna Online: