Buruh pabrik yang masih bekerja



  • Ayah saya seorang buruh pabrik di salah satu pabrik di Surabaya, mempunyai istri, 2 anak dan cucu yang usianya masih satu bulan .. disini semua diharuskan untuk tetap tinggal dirumah sebagai upaya pemutus rantai virus, namun saat aku bertanya ke ayah " ayah Ndak libur kerja ? Surabay lagi zona merah" ayahkupun menjawab "ayah masih harus bekerja, pabrik tidak akan menggaji ayah kalau ayah nganggur, ayah takut kalau ayah kehilangan pekerjaan ayah"dari sini saya berpikir . Ketika anak sekolah diliburkan, sudah dilakukan karantina dirumah, namun itu tidak berlaku buat butuh pabrik seperti ayah saya, ini bagaimana solusinya ? Yang dikarantina akan baik saja jika tetap berada dirumah namun yang bekerja bisa saja membawa dampak yang kurang baik untuk keluarga ..


  • Relawan

    Dear @Amel

    Terimakasih atas pertanyaannya, izinkan saya membantu.

    Jika saat ini tetap harus keluar untuk bekerja diwajibkan bagi ayah anda untuk mengenakan masker pada saat diluar, melakukan physical dan social distancing yaitu memberi jarak antar individu min 1m.

    Lalu ketika sampai dirumah harap perhatikan hal-hal berikut;

    1. Jika baru sampai rumah lepas sepatu diluar rumah (jangan dibawa masuk)
    2. Desinfeksi barang yang anda bawa dari luar, seperti tas, baju, sepatu, dompet, topi, dll.
    3. Masuk ke dalam rumah segera ganti baju, cuci tangan menggunakan sabun dengan benar dan mandi.

    Jika dirumah memungkinkan untuk ayah anda memisahkan dari anggota keluarga yang lain akan lebih baik.

    Bagi anggota keluarga yang lain diharapkan untuk selalu menerapkan perilaku hidup bersih sehat, keadaan rumah dengan sirkulasi udara yang baik, mengkonsumsi makanan bernutrisi dan vitamin, olahraga min 30 menit sehari, dan berjemur 10-15 menit. Semoga keluarga anda sehat selalu.

    Salam



  • @Relawan-Andiani tolong, sampaikan ke pemerintah, sampaikan ke Bu khofifah, tolong adakan karantina wilayah, semua wajib dikarantina .. semua harus adil, meskipun buruh pabrik juga ingin hidup. Virus ini sudah menyebar hampir di semua provinsi di Indonesia .. tolong tegaskan, berikan sanksi kepada perusahaan yang tidak mengijinkan atau tidak melakukan karantina ini ...


  • Relawan

    Halo @Amel terima kasih atas sarannya ya.


  • Relawan

    halo @Amel terima kasih atas sarannya. saran yang diberikan telah disampaikan kepada ibu Khofifah, mohon bersabar ya untuk kebijakan pemerintah selanjutnya
    terima kasih



  • @Relawan-DimasSSW terimakasih pak .. semoga bumi kita lekas sehat .. aamiin



  • Matur nuwun informasinya



  • Salam semangat..
    Kasus tersebut diatas hampir sama dengan yg sy alami.. sy karyawan kantor salah satu BUMN perkebunan di Jatim.. perusahaan telah melakukan instruksi WFH pada seluruh karyawan. Namun karena peraturan dr perusahaan ataupun pemerintah msh blm tegas dan mengikat, shg masing2 pimpinan di perusahaan msh subyektif. Apalagi pimpinan yg blm memahami atau menyepelekan ttg pandemi ini. Minggu ini sy disuruh perjalanan dinas ke Ngawi, pdhl pekerjaan itu tdk urgent dan sy jamin 100% bs ditangani via data online dan telp. Apalagi situasi sedang seperti ini. sy punya potensi tertular dan menularkan karena berangkat dr zona merah dan juga melewati zona merah selama perjalanan..
    Kami bkn ingin menghindar dr pekerjaan namun ingin diberikan perlindungan shg kami dan rakyat Jatim semuanya selamat..
    Mhn ada aturan yg benar2 tegas, shg kita semua bs terhindar dr pandemi ini..
    Trmksh



  • @Amel
    Yes amel, saat ini Pemprov sedang mengajukan PSBB utk wilayah Surabaya, sebagian Sidoarjo dan sebagian Gresik ke kementrian kesehatan.
    Semoga segera disetujui. Dan segera diterapkan


Log in to reply
 



Pengguna Online: