Semprotan disinfektan ke kendaraan di Surabaya yang sia-sia



  • Sebelumnya saya ucapkan terima kasih untuk pemprov jatim dalam jerih lelah dan usaha dalam mencegah dan mengatasi Covid-19.
    Satu hal yang mau saya kritisi adalah program penyemprotan cairan disinfekan ke kendaraan baik di exit tol ataupun semprotan yang dipasang di jalan-jalan raya sekitar Surabaya.
    Kita semua tahu bahwa virus adalah mikroorganisme patogen yang tidak bisa hidup lama tanpa inang atau hidup di sel makhluk hidup lain. Kendaraan khususnya mobil yang sering disemprot di tol saya rasa tidak membawa virus-virus apapun. Bisa dibayangkan kendaraan yang dipakai di bawah terik matahari kota Surabaya begitu panasnya (apalagi kap diatas mobil dan kaca mobil) disertai angin yang cukup kencang karena mobil/motor yang melaju dipastikan bahwa kendaraan bukanlah sarana/alat pembawa virus. Menurut saya penyemprotan harus tepat tempat yaitu di tempat-tempat cluster penularan, tempat yang lembab/jarang matahari. Penyemprotan cairan disinfektan ke kendaraan adalah program yang tidak efektif dan membuang-buang anggaran serta tenaga para petugas. Menurut saya tempatnya saja yang perlu dirubah dan tidak ke kendaraan-kendaraan. Lagipula penyemprotan ke kendaraan juga merepotkan pemilik kendaraan dimana pemilik kendaraan jika ingin mengilangkan cairan disinfektan tersebut harus dicuci dengan sabun cuci kendaraan karena bekas noda tidak akan mengilang hanya dengan air saja atau sekedar dilap. jika tidak dicuci dalam beberapa hari bekas cairan disinfektan akan melekat kuat dan perlu penggosokan yang kuat. Ini saya kemukakan bukan karena saya lebih menghargai kendaraan daripada nyawa, orang yang memahami tulisan saya pasti paham maksud saya adalah program penyemprotan disinfektan ke kendaraan adalah program yang tidak tepat dalam mencegah penularan COVID-19, bukan masalah kendaraan lebih penting daripada nyawa.
    Mohon curhatan saya ini di sampaikan ke gugus tugas untuk dipertimbangkan. Lain halnya jika prov jatim hanya ingin terlihat supaya ada program saja dan anggaran dipakai ( walaupun program penyemprotan cairan disinfektan ke kendaraan menurut saya kurang tepat).
    Terima kasih dan salam sehat selalu.


  • Relawan

    Selamat pagi @Ronny-S

    Kami mengerti apa yang anda alami. Untuk menyampaikan keluhan di wilayah Surabaya anda bisa menyampaikan di forum yang dibuat oleh pemerintah kota Surabaya di https://lawancovid-19.surabaya.go.id/faq

    Sekian, semoga membantu


Log in to reply
 



Pengguna Online: