Tentang gejala covid 19



  • Saya mau bertanya,beberapa hari yang lalu tenggorokan saya sakit dan sesak nafas,tp saya tidak demam atau pun flu,apa sakit tenggorokan dan sesak yang saya alami beberapa hari yang lalu bisa di sebut gejala covid atau tidak..terimakasih



  • kalo disertai demam lebih baik segera memeriksakan diri.


  • Relawan

    Selamat Malam, Salam Sehat Indonesia!
    Dear @deta
    gejala COVID-19 sebagai berikut; demam tinggi, batuk kering dan berulang, sakit tenggorokan, sakit kepala, serta sesak nafas. jika dirasa gejala masih ringan sebaiknya dilakukan social distancing secara mandiri di rumah. selama social distancing berlangsung, kita dapat melakukan kegiatan pencegahan antara lain; rajin mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, konsumsi makanan sehat dan bergizi, serta istirahat yang cukup. namun jika dirasa gejala semakin memberat, segera periksakan diri anda ke dokter atau ke rumah sakit rujukan terdekat.
    untuk informasi lebih lanjut bisa cek di link ini ya
    infocovid19.jatimprov.go.id/

    salam


  • Relawan

    Halo @deta.
    Izinkan saya membantu menjawab pertanyaan saudara.

    Orang yang terjangkit Covid-19 ini sendiri memiliki gejala seperti flu. Beberapa studi mengatakan bahwa jika seseorang diduga terinfeksi COVID-19, maka akan mengalami gejala klinis seperti batuk, bersin, demam, dan kesulitan bernapas yang muncul setelah 2 hari, atau selama 14 hari setelah terpapar virus.

    Pada gejala Covid-19 ini terlihat mirip dengan flu maupun pilek biasa. Sehingga untuk mendiagnosisnya, diperlukan keterangan riwayat bepergian atau kontak dengan orang yang berasal dari wilayah paparan virus. Tidak hanya itu, tes laboratorium berupa spesimen juga dibutuhkan.

    Apabila saudara baru saja kontak langsung dengan suspek, ODP ataupun PDP Covid-19, atau baru saja berpergian dari zona merah, dan saudara merasa takut mungkin terpapar dengan Covid-19, saya sarankan saudara untuk mengunjungi link ini https://checkupcovid19.jatimprov.go.id/covid19/ untuk mengetahui kondisi saudara lebih lanjut.

    #stayathome sementara waktu (kurangi berpergian keluar jika kalau tidak perlu), isokasi diri dirumah selama 14 hari, pakai masker jika harus keluar rumah, hindari kerumunan, dan tetap jaga kebersihan. Selain itu terapkan social distancing (menjaga jarak dari kerumunan) dan physical distancing (menjaga jarak fisik antar manusia) atau dihindari bukan kerumunan saja.
     Semoga jawaban ini bisa membantu.


Log in to reply
 



Pengguna Online: