Info Bandara Juanda



  • Assalamualaikum Wr. Wb. Saya butuh info, saya lagi ada di Malaysia dan rencana pulang tgl 10 April.
    Apakah saya boleh pulang?


  • Relawan

    Selamat Malam, Salam Sehat Indonesia!
    Dear @nlf_ella
    pemasangan bilik sterilisasi di bandara juanda surabaya sendiri sudah dilakukan dalam rangka upaya pencegahan COVID-19 di wilayah Jawa Timur, khususnya Kota Surabaya. setibanya di Indonesia, hal yang pertama harus anda lakukan adalah mengikuti segala screening test yang sudah disediakan oleh pihak bandara. lalu setibanya di rumah, anda bisa melakukan social distancing selama 14 hari. tetap jaga kebersihan, cuci tangan dengan sabun dan air mengalir, konsumsi makanan sehat dan bergizi, serta menjaga ventilasi udara agar ruangan tidak menjadi lembab.
    untuk informasi lebih lanjut bisa cek di link ini ya
    infocovid19.jatimprov.go.id/

    salam



  • Dear @nlf_ella

    Terimakasih atas pertanyaannya
    Mohon ijin menjawab
    Wa'alaikumsalam Wr. Wb.
    Menurut data Worldometers, kini Malaysia memiliki 2.031 kasus terkonfirmasi kasus COVID-19, dengan 24 kasus kematian, dan 215 kasus berhasil sembuh (https://www.cnbcindonesia.com/news/20200327152942-4-147989/kasus-covid-19-malaysia-tembus-2000-24-meninggal)
    Sedangkan di Indonesia, "Pada Jumat (27/3) jumlah pasien positif terinfeksi Virus Corona (Covid-19) di Indonesia bertambah mencapai 1046 kasus, korban meninggal mencapai 87 orang, yang sembuh 46 orang" kata Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19 Achmad Yurianto dalam keterangan persnya, di gedung BNPB, Jakarta, Jumat (27/3) menurut (https://www.cnnindonesia.com/nasional/20200327125649-20-487460/update-corona-27-maret-1046-kasus-87-meninggal-46-sembuh)

    kedua negara ini memiliki kasus COVID-19 yang cukup tinggi
    risiko dalam penularan juga cukup tinggi mengingat apabila saudara akan pulang maka status saudara menjadi ODR (Orang Dengan RIsiko). oleh karena itu saran kami alangkah lebih baik saudara tetap berada di negara Malaysia hingga wabah ini menurun
    atau apabila memang saudara terpaksa untuk pulang, maka saudara harus dalam keadaan fit. kemudian saudara melapor ke aparat negara seperti pak RT, RW dan dinas kesehatan untuk dilakukan pemantauan dan pemeriksaan di faskes terdekat serta saudara harus mengisolasi diri selama 14 hari untuk memantau dan menurunkan tingkat risiko penyebaran karena kita tidak tahu siapa yang saudara temui dan apa yang saudara sentuh selama perjalanan pulang karena dapat meningkatkan risiko penularan terhadap orang lain

    semoga bermanfaat
    terima kasih



  • Terima kasih atas jawaban dan sarannya.
    Saya juga tidak mempermasalahkan kalau tidak pulang tapi susah juga karena cop paspornya hanya 25hari dan mengharuskan pulang. Dan untuk memperpanjang cop paspor masih belum tahu bagaimana.


  • Relawan

    Halo @nlf_ella terima kasih atas pertanyaan Anda

    Saya izin untuk bantu menjawab.

    Kita tidak pernah tau apa yang akn terjadi di kemudian hari, termasuk soal penutupan bandara.
    Namun Presiden Joko Widodo menegaskan bahwa penutupan bandara merupakan kewenangan pemerintah pusat, dalam hal ini Kementerian Perhubungan RI. Pemerintah juga masih belum memiliki opsi untuk melakukan penutupan namun tidak menutup kemungkinan jika penularan semakin pesat bisa jadi ditutup.

    Mengenai hal perpanjangan paspor, silakan konsultasikan ke KBRI Kuala Lumpur dan Jabatan Imegresen Malaysia.

    Sekarang di rumah dapat melakukan beberapa upaya seperti physical distancing, minum air putih 8 gelas perhari, makan makanan bergizi dan seimbang, cukup tidur 7-8 jam perhari, jangan panik dan hindari stress, olahraga ringan minimal 30 menit perhari, terapkan etika batuk dan bersin, rajin cuci tangan dengan sabun dan air mengalir, serta perilaku hidup bersih dan sehat lainnya. Jika sakit dengan gejala ringan silakan isolasi mandiri di rumah. Jika sakit dengan gejala berat silakan kunjungi fasilitas layanan kesehatan terdekat.

    Demikian semoga dapat membantu dan Anda sekeluarga diberikan kesehatan selalu.

    Deteksi dini covid-19 dapat melalui
    https://checkupcovid19.jatimprov.go.id/covid19/

    Info lengkap kunjungi infocovid19.jatimprov.go.id
    Salam... 🙂

    Eswahos Shofiq
    Mahasiswa Ilmu Gizi dan Dietetika


Log in to reply
 



Pengguna Online: