Minta tolong



  • Selamat malam. Saya mau bertanya. Dari tgl 15 Maret. Tenggorokan saya seratdan sedikit batuk kering. Lalu saya minum sirup obat batuk Woods tidak berdahak dan bufacryl sebagai obat sakit radang. Sampai sekarang sudah mulai berkurang tapi masih batuk kering. Tapi saya tidak demam. Hanya saja kepala saya sakit banget. Saat ini saya kalau nelen air ludah tenggorokan sakit. Saya sedikit panik saya ini covid atau batuk biasa. Krn saya juga tidak demam. Tidak sesak.


  • Relawan

    Halo @riel.
    Izinkan saya membantu menjawab pertanyaan saudara.

    Orang yang terjangkit Covid-19 ini sendiri memiliki gejala seperti flu. Beberapa studi mengatakan bahwa jika seseorang diduga terinfeksi COVID-19, maka akan mengalami gejala klinis seperti batuk, bersin, demam, dan kesulitan bernapas yang muncul setelah 2 hari, atau selama 14 hari setelah terpapar virus.

    Pada gejala Covid-19 ini terlihat mirip dengan flu maupun pilek biasa. Sehingga untuk mendiagnosisnya, diperlukan keterangan riwayat bepergian atau kontak dengan orang yang berasal dari wilayah paparan virus. Tidak hanya itu, tes laboratorium berupa spesimen juga dibutuhkan.

    Apabila saudara baru saja kontak langsung dengan suspek, ODP ataupun PDP Covid-19, atau baru saja berpergian dari zona merah, dan saudara merasa takut mungkin terpapar dengan Covid-19, saya sarankan saudara untuk mengunjungi link ini https://checkupcovid19.jatimprov.go.id/covid19/ untuk mengetahui kondisi saudara lebih lanjut.

    #stayathome sementara waktu (kurangi berpergian keluar jika kalau tidak perlu), isolasi diri dirumah selama 14 hari, pakai masker jika harus keluar rumah, hindari kerumunan, dan tetap jaga kebersihan. Selain itu terapkan social distancing.
     Semoga jawaban ini bisa membantu.


  • Relawan

    Selamat Malam, Salam Sehat Indonesia!
    dear @riel
    dengan gejala tersebut sebaiknya dilakukan tindakan seperti social distancing (menghindari kerumunan) dan physcal distancing (menjaga jarak antara diri sendiri dengan orang lain). selama social distancing berlangsung, kita diharuskan untuk menjaga kebersihan; rajin mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir; konsumsi makanan sehat dan bergizi; serta menjaga sirkulasi udara dalam rumah. namun jika dirasa gejala yang timbul semakin memberat bisa segera periksakan diri anda ke dokter atau rumah sakit rujukan terdekat sesuai arahan pemerintah daerah atau pemerintah pusat.
    untuk informasi rumah sakit rujukan bisa klik disini ya
    infocovid19.jatimprov.go.id/

    salam


  • Relawan

    Halo @riel terima kasih atas pertanyaan yang Anda ajukan ya

    Saya relawan Eswahos izin untuk bantu menjawab.

    Keadaan yang Anda alami bisa saja karena covid-19 atau penyakit lain, karena gejala covid-19 mirip dengan gejala infeksi virus lainnya. Untuk menegakkan diagnosis apakah positif covid-19 atau tidak harus melakukan tes laboratorium di lab yang ditunjuk kemenkes.

    Namun jika gejala yang Anda alami semakin memburuk dan menyebabkan sesak nafas, sebaiknya silakan mengunjungi fasilitas kesehatan terdekat dan informasikan sedetail-detailnya mengenai gejala dan riwayat perjalanan Anda kepada tenaga kesehatan di fasyankes.

    Sekarang di rumah dapat melakukan beberapa upaya seperti physical distancing, minum air 8 gelas perhari, makan makanan bergizi, cukup tidur, jangan panik dan hindari stress, olahraga yang cukup, terapkan etika batuk dan bersin, serta perilaku hidup bersih dan sehat lainnya.

    Demikian kiranya dapat membantu.
    Semoga segera pulih dan segera beraktivitas kembali.

    Eswahos Shofiq
    Mahasiswa Ilmu Gizi dan Dietetika


Log in to reply
 



Pengguna Online: