Meredakan atau bahkan menyembuhkan?



  • Secara sampai saat ini blm ditemukan vaksin untuk covid19,apakah dengan menjaga kebersihan,menjaga pola makan sehat dan teratur dan meningkatkan imunitas tubuh dpt meredakan atau bahkan bs menyembuhkan seseorang yg terpapar covid19?

    Tksi...
    semoga kita semua diberi kesehatan dan selalu dijauhkan dari segala penyakit khususnya wabah yg saat ini sedang melanda dan semoga saudara2 kita saat ini yg sedang sakit segera diberi kesembuhan oleh ALLAH.Amiiin....



  • Dear @kusuma

    Terimakasih atas pertanyaan yang disampaikan
    Mohon ijin menjawab
    Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dengan sering cuci tangan, menerapkan etika batuk, menjaga pola makan dan meningkatkan nutrisi bukanlah obat yang dapat menyembuhkan virus COVID-19
    PHBS ini bertujuan untuk menjaga tubuh agar tidak mudah terserang virus COVID-19
    dengan mencuci tangan dapat menurunkan risiko penularan virus dari benda-benda yang kita sentuh atau saat berjabat tangan dengan orang lain
    serta pemenuhan gizi dan peningkatan imun menjaga tubuh agar apabila virus ini akan masuk dan menyerang sistem imun kita, hal tersebut dapat menghambat virus masuk kedalam tubuh
    selain itu diharapkan warga tetap #dirumahsaja untuk menurunkan risiko penularan virus di luar rumah
    semoga membantu
    semoga keluarga tetap selalu sehat

    terimakasih
    #SAHABATSEHAT


  • Relawan

    Halo @kusuma.
    Izinkan saya membantu menjawab pertanyaan saudara.

    Sejak awal munculnya kasus virus corona, imbauan untuk rajin mencuci tangan dan menjaga imunitas tubuh. Cara ini mungkin dianggap sepele dan sedikit tak menenangkan.

    Namun imbauan ini bukanlah tanpa alasan. Tim Pakar Gugus Tugas Penanganan Covid-19, Wiku Adisasmito mengungkap penjelasan pasien covid-19 atau penyakit virus corona bisa sembuh karena imunitas tubuh.

    Beberapa studi mengatakan penyakit corona bisa sembuh dengan sendirinya, atau self limiting disease. Hal ini juga sempat diungkapkan Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto.

    Tubuh manusia mengidentifikasi virus sebagai musuh yang harus dilawan. Ini pun berlaku untuk virus covid-19. Cara melawan virus adalah dengan imunitas tubuh yang kuat.

    Ketika virus (virus patogen penyebab penyakit termasuk virus corona) masuk ke tubuh manusia, menular dari binatang maupun manusia, tubuh akan mengidentifikasi virus sebagai musuh. Perjuangan tubuh melawan virus ini menjelaskan adanya gejala pada pasien yang terinfeksi virus corona.

    Salah satu gejala terjangkit Covid-19 ini yaitu demam. Demam itu sendiri merupakan reaksi tubuh untuk melawan virus, sebelum timbul antibodi.

    Selain demam, tubuh juga mulai merasakan batuk kering dan sesak napas. Gejala ini timbul sebagai upaya tubuh melawan virus sebelum antibodi keluar. Dan ketika antibodi sudah keluar, virus akan dilawan hingga tak bisa bertahan di dalam tubuh. Kemampuan antibodi melawan virus ini tergantung pada seberapa kuat imunitas yang dimiliki seseorang.

    Virus ini merupakan antigen atau musuh. Dan kalau masuk ke badan akan dilawan tubuh manusia apabila antibodi cukup banyak yg muncul karena infeksi itu. Maka orang itu bisa sembuh.

    Untuk itu menjaga imunitas tubuh menjadi sangat penting. Karena risiko dari corona meningkat seiring dengan menurunnya imunitas tubuh dan riwayat penyakit lain yang melemahkan tubuh.

    Virus corona akan mencari peluang untuk hidup dalam tubuh makhluk hidup. Ketika berpindah dari manusia ke manusia, ia akan mencari tubuh yang paling rentan terinfeksi.

    Dan sejauh ini pakar di dunia mendapati penularan virus bisa dipangkas dengan memotong kontak antar makhluk hidup. Ini menjelaskan kenapa menjaga jarak (sosial discasting) jadi upaya penting mencegah penyebaran corona.

    Ada lima upaya yang penting diingat untuk mencegah corona. Yakni menjaga jarak, tidak berjabat tangan, rajin mencuci tangan, menghindari kerumunan, dan memakai masker bagi yang sedang sakit.

    Dikutip dari CNN Indonesia
    Semoga jawaban ini dapat membantu.


Log in to reply
 



Pengguna Online: